Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Memperlancar ASI Dengan Alami dan Ampuh

cara memperlancar asi

Duniamanajemen.com - Ketika seorang ibu melahirkan, pasti yang paling sering terjadi adalah kurangnya produksi ASI. Dalam hal ini banyak ibu yang tidak mengetahui tentang bagaimana cara memperbanyak ASI dengan cara alami, sehingga para ibu memilih suplemen sebagai pilihan utamanya. Padahal, tubuh wanita itu secara alami bisa memperbanyak ASI untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

Nah, maka dari itu disini mimin akan membagikan tips tentang cara memperlancar ASI secara alami dan pastinya ampuh. Yuk simak baik-baik.

Cara Memperlancar ASI

1. Membersihkan puting dan lakukanlah pijatan lembut
Jika kehamilah sudah masuk ke trimester ke 3, mulailah untuk membersihkan puting agar jalan keluar ASI lancar. Bagaimana caranya? Caranya dengan membersihkannya menggunakan baby oil sebelum mandi. Lakukan hal ini sambil lalu memilin-milin puting, terutama pada bagian ujung puting. Lakukan hal ini beberapa hari sekali ya bunda.

2. Memompa ASI
Memompa ASI merupakan salah satu cara memperlancar ASI. Khusus untuk ibu baru, sering kali keterampilan dalam hal menyusui terkadang belum memadai. Salah dalam posisi menyusui bisa mengakibatkan proses pemberian ASI jadi tidak efektif, hingga akhirnya ASI keluar dengan tidak lancar.

Lakukan pompa pada setiap kali selesai menyusui. Ingat ya bun, jangan pedulikan berapa banyak ASI yang kita dapat, tetapi tujuan memompa pada payudara adalah untuk merangsang simulasi pada payudara bunda.

3. Skin to skin contact
Dengan kondisi bayi yang telanjang pada saat disusui, maka hal ini akan memperbanyak ASI yang keluar.

Loh kok bisa? Ya bisa sekali bunda, Hal ini disebabkan karena kedekatan emosional yang bunda miliki dengan sang bayi. Hal ini akan memerintahkan otak untuk memproduksi lebih banyak ASI. Bahkan beberapa negara mendukung serta menganjurkan untuk melakukan skin to skin contact pada saat menyusui

4. Kompres payudara
Jika payudara terasa keras, tentu bayi tidak dapat mengisapnya. Lakukan pengompresan dengan menggunakan air hangat selama beberapa menit. Hal ini akan mengakibatkan payudara melunak dan ASI lebih mudah keluar.

5. Minum air putih yang banyak
Cobalah untuk meminum air sebanyak 10-12 gelas air setiap hari. Loh kok bisa begitu min? Karena dalam memproduksi ASI tubuh bunda membutuhkan cairan dalam memproduksi ASI. Jadi, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ya bun.

6. Kurangi stres
Bagaimana cara melakukan pengurangan stres? Yakni dengan cara melakukan latihan pernapasan secara teratur. Para ahli juga menyebutkan bahwa stres juga dapat menghambat produksi ASI. Maka, kurangi stres ya bunda.

7. Istirahat yang cukup
Jika bunda terlalu capek dan kurang makan, hal ini akan menyebabkan produksi ASI lebih sedikit

Demikianlah cara memperlancar ASI yang bisa mimin sampaikan. Semoga dengan cara-cara diatas mampu mengatasi produksi ASI yang sedikit menjadi banyak ya bun. Selamat mencoba.

Sumber: id.theasianparent.com

Post a Comment for "7 Cara Memperlancar ASI Dengan Alami dan Ampuh"