Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat | Dengan Bahan Alami

cara mengatasi hidung tersumbat

Duniamanajemen.com - Hidung tersumbat dan bersin merupakan reaksi umum dari seseorang yang memiliki alergi. Kondisi seperti ini dapat membuat jadi tidak nyaman dalam bernapas.

Jika hidung tersumbat dan selalu bersin, biasanya orang-orang akan minum obat flu atau pereda hidung tersumbat. Padahal masih banyak cari lain selain mengonsumsi obat untuk mengatasi hidung tersumbat.

Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi hidung tersumbat dan biayanya pun tidak mahal.

Baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Nah, pada kesempatan ini mimin akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara atau bahan alami yang telah mimin rangkum dari merdeka.com. Yuk simak baik-baik.

Cara mengatasi hidung tersumbat

1. Melakukan pijatan pada hidung
Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama adalah dengan cara memijat hidung. Memang terlihat sederhana, tapi cara ini mampu melegakan serta merileksasi hidung yang sedang tersumbat. Dengan memijat hidung maka yang akan terjadi adalah sirkulasi menjadi lebih lancar.

Caranya, cukup pijat hidung menggunakan jari telunjuk, pijat pada bagian tepi hidung selama 30 detik saja. Ulangi pijatan ini sampai beberapa kali hingga lendir mudah dikeluarkan.

2. Menghirup uap
Cara kedua adalah dengan cara menghidup uap yang tersedia beberapa macam. Salah satunya adalah aroma khas mint dan thyme. Hal ini  cocok untuk digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat.

Caranya, masukkan 3 sendok teh thyme kering dan juga 3 sendok pepermin ke dalam mangkuk, lalu tuangkan air mendidih dan hirup uapnya hingga hidung terasa lega.

3. Pelembab udara
Kalian bisa menggunakan pelembab udara atau sering disebut humidifier. Cara ini cukup efektif dan cocok untuk anak-anak. Karena udara lembat yang dihasilkan dari pelembab udara (humidifier) ini dapat menenangkan jaringan yang territasi serta pembuluh darah yang membengkak. Taruhlah humidifier di kamar untuk bisa mengatasi peradangan.

Baca Juga: 3 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh | Alami
4. Makan makanan hangat
Nah, pengalaman mimin banget nih ketiga sedang mengalami hidung tersumbat. Biasanya mimin akan memakan makanan yang hangat atau panas. Seperti halnya bakso hehehe

Karena sensasi uap panasnya tersebut dapat melegakan hidung dan dengan sensasi hangat dari makanan tersebut dapat merelaksasikan saluran pernapasan. Tertarik? hehehe

5. Minyak kayu putih
Kenapa harus minyak kayu putih? Karena dari hangat dan aromanya bisa terbilang manjur untuk mengatasi hidung tersumbat. Taruh beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam mangkong yang berisikan air panas. Lalu taruh kepala kalian tepat diatas mangkuk untuk dijadikan relaksasi lewat uap dari minyak kayu putih tersebut. Cobalah untuk menggantungkan handuk diatas kepala agar tertutup. Minyak kayu putih memang sudah terbukti secara ilmiyah untuk membunuh beberapa macam bakteri penyebab hidung mampet atau tersumbat.

6. Jahe
Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan mengonsumsi jahe. Kenapa jahe min? Yaps karena jahe merupakan minuman atau ramuan yang dapat menghangatkan badan serta sebagai antibakteri. Hal ini akan membuat hidung jadi lebih lega. Kalian bisa mencampurkan jahe dengan madu dan juga lemon.

7. Garam
Loh kok ada garam sebagai cara mengatasi hidung tersumbat min? Karena menurut medis berkumur dengan air garam sudah bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat. Air garam akan mencairkan lendir pada hidung dan tenggorokan.

Caranya, kalian hanya perlu melarutkan setengah sendok garam kedalam satu gelas air hangat. Kumur-kumur dengan air garam tersebut selama beberapa detik, tapi jangan ditelan ya, cukup kumur-kumur saja.

Nah itulah beberapa hal yang dapat mimin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang cara mengatasi hidung tersumbat. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Post a Comment for "7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat | Dengan Bahan Alami"