Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tanda Hamil Muda yang Perlu Wanita Ketahui

tanda hamil muda

Duniamanajemen.com - Pasti kalian mencari artikel ini karena ingin mengetahui apakah kalian mengalami tanda-tanda kehamilan, bukan?

Nah, kebetulan sekali nih mimin kali ini akan membahas tentang 10 tanda hamil yang perlu calon ibu ketahui.

Telat datang bulan adalah salah satu tanda utama bahwa kalian hamil. Meskipun begitu, masih banyak tanda-tanda kehamilah yang penting sekali untuk kalian ketahui. Bahkan, tanda-tanda kehamilan bisa terjadi sebelum kalian terlambat haid.

Perlu kalian ketahui nih bahwasanya setiap wanita berbeda-beda dalam mengalami tanda kehamilan. Tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang tanda-tanda kehamilan agar cepat diketahui. Yuk simak artikel dibawah ini.

Tanda-Tanda Kehamilan

Dibawah ini akan mimin paparkan tentang 10 tanda hamil muda yang perlu kalian ketahui.

1. Keluarnya bercak atau flek darah dari vagina
Bercak darah ini terkadang keluar dari dalam vagina. Flek atau bercak darah ini bisa menjadi tanda bahwa sel telur sudah dibuahi di dinding rahim.

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan
2. Pusing
Wanita yang sedang hamil muda biasanya sering mengalami pusing yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh dalah dan juga turunnya tekanan darah. Hal seperti ini bisa diatasi dengan cara istirahat yang cukup. Jika pusing yang kalian alami berlangsung lama, maka sebaiknya kalian periksa ke dokter.

3. Suasana hati tidak menentu (mudah berubah)
Biasanya kalian akan merasa lebih emosional dari biasanya. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon pada tubuh kalian. Hal semacam ini bisa menjadi pertanda bahwa kalian sedang hamil.

4. Konstipasi
Konstipasi atau lebih sering kita sebut dengan sembelit kerap dialami oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon yang memperngaruhi kinerja pencernaan.

5. Nafsu makan menurun
Jika wanita hamil, sensivitas dan peningkatan kadar hormon bisa membuat wanita hamil jadi kehilangan nafsu makannya. Jika ini terjadi pada kalian, tetaplah untuk mengonsumsi camilan seperti halnya roti gandum atau biskuit tanpa perasa.

6. Sensitif terhadap bau
Penciuman wanita akan lebih sensitif jika sedang hamil, hal ini diakibatkan karena perubahan hormon. Wanita yang sedang hamil akan merasa mual jika mencium aroma-aroma tertentu. Seperti halnya asap rokok, bau minyak wangi, berbau tajam atau aroma-aroma yang lain.

7. Mual dan muntah
Biasanya mual dan muntah ini akan terasa jika kehamilah sudah memasuki usia 6 minggu, tapi bisa saja dirasakan lebih awal. Tapi tenang, hal ini akan menghilang dengan sendirinya jika memasuki usia kehamilan antara 12-16 minggu.

Mual dan muntah ini bisa kalian cegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjada perut agar tidak kosong, dengan  cara makan meskpin sedikit. Kalian juga bisa mengkonsumsi permen mint atau rasa jahe. Hal ini bertujuan untuk meredakan mual saat hamil.

8. Mudah lelah
Apakah beberapi hari ini kalian merasa mudah lelah? Jika betul, hal itu bisa saja merupakan tanda bahwa kalian hamil. Hal ini akan berlanjut terutama pada trimester pertama. Rasa lelah ini disebabkan oleh perubahan hormon progesteron. Cara mengatasi hal ini yakni dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bernutrisi. Usahakan untuk menghindari aktivitas fisik atau olahraga berat serta batasi mengonsumsi kafein.

9. Sering buang air kecil
Pada saat awal masa kehamilan, calon ibu biasanya akan lebih sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, terutama pada malam hari. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon serta bertambahnya cairan dalam tubuh. Pada usia kehamilan lebih lanjut, sering buang air kecil disebabkan karena pembesaran rahim yang menekan pada kantong kemih.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat | Ampuh
10. Payudara berubah
Nah, perubahan pada payudara ini disebabkan oleh perubahan hormon pada saat masa awal kehamilan. Payudara akan terasa padan, kencang dan sensitif. Puting juga lebih gelap dan lebih menonjol.

Nah itulah 10 tanda hamil muda yang perlu calon ibu ketahui. Tapi, hal diatas tidak selalu merujuk pada kehamilan ya. Bisa saja hal diatas menjadi pertanda atau gejala penyakit tertentu. Maka dari itu, cara untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan cara tes dengan alat tes kehamilan (test pack). Kalian bisa membeli alat tes kehamilan ini di berbagai apotek. Usahakan untuk melakukan tes kehamilah dilakukan pada pagi hari setelah kalian baru bangun tidur. Hal ini bertujuan agar hormon hCG terdeteksi. Semoga bermanfaat ya, dan bagi ibu yang belum mengalami hal diatas semoga cepat dikarunia anak. Aamiin.

Sumber: alodokter.com

Post a Comment for "10 Tanda Hamil Muda yang Perlu Wanita Ketahui"