15 Kuliner Surabaya yang Wajib Kamu Coba

makanan surabaya
Gambar: Tokopedia.com

Duniamanajemen.com - Salah satu kota terbesar dan kota dengan jujukan wisata kuliner adalah Surabaya. Kota Surabaya merupakan salah satu yang memiliki keberagaman makanan khas dan lezat yang pastinya belum bisa didapatkan di kota lain. Meskipun bisa, tentu rasanya yang akan berbeda. Seperti halnya pecel rawon, sego sambel, dan nasi cumi yang paling terkenal.

Buat kalian yang ingin mampir ke kota Surabaya dan ingin mencicipi makanan khas Surabaya silahkan dicatat, karena mimin akan memberikan info tentang makanan apa saja yang enak di Surabaya.

1. Tahu Campur Kalasan
Tahu campur kalasan ini menjadi kuliner surabaya yang cukup terkenal dari generasi ke generasi. Tahu campur ini merupakan makanan khas Surabaya yang disukai banyak orang. Komponen dari kuliner Surabaya ini adalah gading, jeroan sapi, tahu goreng, selada, perkedel, dan bumbu kental.

Jika kalian penasaran dan ingin mencicipi kuliner Surabaya ini, silahkan mampi di alamat Jl. Kalasan No. 22 Tambaksari, Surabaya.

2. Lontong Kupang Artomoro
Kupang adalah sejenis kerang yang memiliki ukuran kecil dan ini hanya bisa ditemukan di kota Surabaya. Jadi, kalian wajib banget nih untuk mencicipi lontong kupang ketika melakukan perjalanan ke Surabaya. Makanan Surabaya ini memiliki tekstur yang unik dan sedikit seperti pasir namun rasanya enak banget loh.

3. Sego Sambel Mak Yeye
Saat malam hari, Surabaya terkenal dengan kuliner malamnya yang menggugah selera. Jika kalian suka banget dengan kuliner pedas dan merasa lapar pada malam hari, maka kalian wajib nih buat nyoba kuliner Surabaya ini. Untuk menyantap Sego sambel mak yeye ini kalian harus pergi ke Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya.

Jika kalian sudah sampai disana, kalian harus rela antri untuk mendapatkan makanan Surabaya yang satu ini.

4. Zangrandi Ice Cream
Kuline Surabaya yang satu ini cocok sekali jika disantap pada saat siang hari yang terik. Karena rasanya yang manis dan segar, banyak sekali orang yang mampir untuk mencicipi ice cream yang lezat ini. Jika kalian penasaran datang saja ke alamat Jl. Yos Sudarso, No. 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Perlu kalian ketahui bahwa restoran yang satu ini sudah berdiri sejak 1933 dan khusus menjajakan ice cream yang beraneka ragam dan sudah sangat terkenal di Surabaya.

5. Nasi Cumi Waspada
Berikut ini adalah kuliner Surabaya yang bisa dibilang tradisional sekaligus murah dan lezat. Nasi Cumi Waspada ini berada di belakang Pasar Atom Jl. Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya.

Ada 4 varian dari nasi cumi waspada ini mulai dari nasi biasa (nasi, cumin, peyek udang), nasi campur (nasi, cumi, empal, telur, peyek udang), nasi komplet (nasi, cumi, mi goreng, usus, paru, babat, peyek udang), dan terahir adalah nasi rawon cumi.

Makanan Surabaya ini akan membuat kalian ketagihan karena nasi ini disajikan saat masih panas dan dipadukan dengan cumi tinta dan menu lainnya. Jika kalian buka pecinta makanan laut, kalian bisa memesan nasi paru, nasi ayam, nasi tongkol, dan lainnya.

6. Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Kuliner Surabaya yang berbahan dasar hidung sapi ini sudah menjadi ciri khas kuliner kota pahlawan ini. Kuliner khas Surabaya ini mudah ditemukan karena dijual diberbagai tempat, akan tetapi ada salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi jika bepergian ke Surabaya. Nama warungnya Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berada di Jl. Ahmads Jaiz No. 40, Peneleh, Genteng, Surabaya.

7. Kepiting Cak Gundul 1992
Buat kalian yang suka dengan olahan sea food maka kuliner Surabaya ini cocok untuk disinggahi. Cak Gundul 1992 memang menjual makanan laut, akan tetapi yang paling andalan dari restoran ini adalah olahan kepitingnya. Untuk ukuran dari kepiting kalian bisa pilih sendiri sesuai selera dan untuk saus kalian juga bisa pilih sendiri juga.

Untuk menu yang paling populer dari tempat makan ini adalah kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare. Untuk berkunjung ke tempat ini kalian bisa ke alamat Jl. Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Surabaya.

8. Nasi Udang Bu Rudy
Makanan yang paling sering di pesan oleh orang-orang dari depot Bu Rudy ini adalah Nasi udang empal. Makanan Surabaya ini disajikan dengan sambal bawang yang menggugah selera dan nasi putih pulen.

Depot Bu Rudy ini menjadi rekomendasi buat kalian yang sedang mencari kuliner Surabaya. Tak hanya nasi udang empat, depot Bu Rudy juga menyajika berbagai macam menu sesuai selera kalian. Untuk lokasi dari kuliner Surabaya ini kalian bisa pergi ke Jl. Dharmahusada No. 140 Surabaya.

9. Soto Ayam Lamongan Cak Har
Meski bukan kuliner Surabaya, tetapi Soto Lamongan menjadi salah satu menu yang wajib kalian cicipi jika ke Surabaya. Untuk soto lamongan yang paling terkenal di Surabaya adalah warung Cak Har yang berada di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno. Untuk kuliner Surabaya ini memiliki banyak varian, mulai dari ayam, ceker ayam, jeroan, dan daging sapi.

10. Sate Klopo Ondomohen
Kuliner Surabaya ini adalah sate yang diri dari daging sapi, usum, ayam, udang, dan juga sumsum yang kemudian dibakar dan diberi bumbu sate pada umumnya.

Meskipun terlihat sama dengan sate pada umumnya, lidah kalian akan merasakan sensasi yang berbeda dilidah. Perbedaan yang menjadi ciri khasnya adalah sate dipotong besar-besar dan diberi kelapa yang disangrai, inilah yang menjadikan Sate Klopo Ondomohen lebih gurih.

11. Mie Pecun
Satu lagi kuliner Surabaya yang perlu kalian kunjungi ketika ke Surabaya. Makanan ini cocok sekali bagi kalian yang pecinta pedas. Mie Pecun ini terdiri dari tumisa mie kuah, irisan udang kornet, dan telur yang akan membuat kalian ketagihan untuk menyantapnya. Untuk rasa pedasnya kalian bisa pilih sesuai selera seperti Super Pedas (Paket Klimax), Pedas Biasa (Paket Galau), Pedas Sedang (Paket Semriwing), dan Tidak Pedas (Paket Culun). Kalian bisa mampi ke tempat ini di Jl. Anjasmoro, Sawahan, Kec. Sawahan, Surabaya.

12. Nasi Goreng Jancuk
Menu nasi goreng bisa kalian jumpai diberbagai tempat. Akan tetapi, kalian tidak boleh melewatkan kuliner Surabaya ini jika sedang berada di kota ini. Nasi goreng ini disajikan dengan porsi yang cukup besar dan rasanya yang super pedas. Dengan porsi yang cukup banyak kalian bisa menyantapnya dengan bebera orang.

Komposisi dari nasi goreng jancuk ini terdiri dari potongan udang, irisan ayam, daging kepiting, sambal terasi dan telur. Untuk tambahannya diberi kerupuk udang dan acar. Untuk tempatnya berada disalah satu restoran hotel, nasi goreng jancuk ini menjadi sasaran bagi penikmat kuliner.

13. Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng
Komposisi dari Pecel Rawon ini terdiri dari nasi pecel yang dicampur dengan kuah rawon. Kuliner Surabaya ini bisa kalian nikmati di Warung Pojok Moro Seneng yang beralamat di Jl. Pucang Anom No. 17, Gubeng, Surabaya.

14. Rawon Setan Mbak Endang
Kuliner Surabaya yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Surabaya adalah Rawon Setang Mba Endang. Tempat makan ini berada di Jl. Embong Malang, Surabaya. Rawon Setan Mbak Endang merupakan rawon setan yang pertama di Indonesia.

Kenapa disebut rawon setan? Hal ini dikarenakan warungnya yang hanya buka pada malam hari saja.

15. Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Lontong balap adalah kuliner khas Surabaya. Kuliner Surabaya memiliki komposisi lontong, taoge, tahu goreng, lentho, kecap, bawang goreng, sambal, dan kuah segar.

Untuk menyantap kuliner Surabaya ini kalian bisa langsung ke Jl. Kranggan No. 60 Sawahan, Surabaya

Nah, itulah beberapa kuliner Surabaya yang wajib kalian cicipi jika sedang bepergian ke Surabaya. Semoga bermanfaat

0 Response to "15 Kuliner Surabaya yang Wajib Kamu Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel