Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

khasiat temulawak

Duniamanajemen.com - Curcuma xanthorrhiza atau temulawak merupakan tumbuhan obat-obatan. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia khususnya pulau Jawa. Di Indonesia sendiri, temulawak sering digunakan untuk jamu godog.

Di dalam temulawak terdapat 48-59, 64% zat tepung, 1,6-2,2% kurkumin dan 1,48-1,63% minyak asiri dan dipercaya untuk meningkatkan kerja ginjal serta sebagai anti inflamasi.

Temulawak ini dapat dibidudayakan secara mudah, bahkan terkadang tumbuh secara tidak terduga. Tetapi, temulawak sering kita jumpai di daerah pedesaan, terutama daerah dataran sedang atau tinggi.

Selain dapat digunakan untuk jamu, temulawak juga sering digunakan sebagai sumber karbohidrat dengan cara mengambil patinya, setelah itu diolah menjadi bubur yang nantinya dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalamai gannguan pencernaan dan bayi.

Tapi, bukan hanya itu. Terdapat banyak sekali manfaat temulawak yang kadang kita sendiri kita tidak mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat temulawak yang kami lansir dari liputan6.com.

1. Dapat mengatasi masalah pencernaan
Dengan mengkonsumsi temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu. Hal ini dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh kita.

Temulawak juga dapat mengatasi nafsu makan pada anak-anak dan dapat mengatasi perut kembung. Temulawak juga baik untuk orang yang sedang menderita peradangan usus untuk penyembuhan lebih cepat.

2. Meningkatkan stamina
Temulawak dipercaya dapat meningkatkan stamina. Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit dengan temulawak. Racikan ini dapat membuat tubuh Anda tidak mudah lelah dan lebih bersemangat. Bahkan kunyit dan temulawak ini lebih baik dikonsumsi dalam meningkatkan stamina daripada mengkonsumsi minuman suplemen yang terbuat dari bahan kimia.


3. Mengatasi peradangan sendi
Osteoarthritis atau peradangan sendi sering sekali membuat penderitanya mengalami sakit pada sendi. Dengan mengkonsumsi temulawak dipercaya dapat meredakan sakit pada sendi. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa temulawak ini memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen yang sering sekali diberikan pada pasien yang mengalami peradangan pada sendi.

4. Mengatasi masuk angin
Masuk angin merupakan sebuah kondisi dimana kepala pusing, perut kembung, menggigil, atau bahkan mual. Nah, temulawak disini berperan untuk menghangatkan tubuh dan mengurangi rasa mual.

5. Dapat mencegah kanker

Temulawak dapat membantu menyusutkan sel kanker bahkan pada pasien yang sudah stadium lanjut. Karen kanker terjadi karena adanya radikal bebas, maka dari itu, temulawk bisa mencegah radikal dan mencegah terbentuknya kanker pada tubuh Anda.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Temulawak bisa membantu jika Anda mudah sakit. Hal ini karena temulawak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda akan  terhindar dari penyakit ringan yang biasa menyerang Anda kapan saja.

Caranya adalah dengan cara menghaluskan temulawak terlebih dahulu kemudian diambil sarinya. Setelah itu tambahkan air hangat dan madu untuk dikonsumsi sehari-hari.

7. Dapat membersihkan kulit wajah

Selain bermanfaat untuk tubuh kita, temulawak juga memiliki manfaat untuk kulit, seperti menghaluskan wajah, mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, mengencangkan kulit, meremajakan kulit, menyamarkan bebas luka, sebagai antioksidan untuk kulit dan juga mencegah penuaan dini.

Caranya dengan meminum sarinya atau membuat temulawak menjadi masker. Jika mau hasil yang maksimal tambahkan madu dan jeruk nipis. Untuk penggunaan masker, gunakanlah temulawak bubuk agar lebih mudah untuk pemakaiannya.

0 Response to "Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel