Cara Mengobati Amandel Dengan Menggunakan Bahan-Bahan Alami

obat amandel alami

Duniamanajemen.com - Amandel memang suatu penyakit tenggorokan yang sangat mengganggu. Akan tetapi, hal ini bisa diobati dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita.

Amandel biasanya menyebabkan batuk-pilek terus menerus, mudah sakit, dan susah makan. Maka dari itu, kita harus tau bagaimana cara mengobati amandel secara alami.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati amandel secara alami yang sudah kami lansir dari liputan6.com.

1. Istirahat yang cukup
Cara mengobati amandel yang pertama adalah dengan istirahat yang cukup. Penderita amandel harus istirahat yang cukup. Hal ini berfungsi untuk membantu tubuh untuk melawan infeksi virus atau bakteri. Tidak perlu memforsir diri untuk bekerja dengan berat, serta sebaiknya tidur nyenya pada siang hari dan juga pada malam hari secukupnya.

2. Hindari rokok
Bagi yang Anda yang perokok aktif, saat amandel mulai meradang sebaiknya kurangi kebiasaan merokok. Hal ini agar tidak menambah iritasi pada saluran pernapasan Anda.

3. Banyak minum
Memperbanyak minum air disini adalah apa saja yang berupa asupan cairan ke tubuh Anda, baik itu dengan mengkonsumsi minuman hangat, sup, teh hangat, dan kaldu. Akan tetapi, jika amandel Anda sedang meradang, usahakan untuk sesering mungkin minum air hangat.

4. Menggunakan Humidifier
Udara kering yang ada dirumah Anda akan memperlambat proses kesembuhan radang tenggorokan serta menambah iritasi. Untuk membuat ruangan menjadi lembab, gunakanlah humidifier sebagai alat pelembab ruangan. Hal ini berfungsiuntuk menenangkan ketidaknyamanan pada amandel, terutama bila penggunaan humidifier pada malam hari.Tidur dengan ditemani humidifier akan sangat baik sekali untuk meredakan amandel.

5. Berkumur dengan air garam
Cara mudah untuk mengobati amandel adalah dengan cara berkumur air garam. Anda bisa melarutkan garam kedalam segelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan menengadahkan kepala beberapa saat, lalu keluarkan air garam tersebut. Lakukan ini beberapa kali untuk mengurangi rasa sakit pada amandel.

6. Mengkonsumsi jeruk nipis atau lemon
Jeruk nipis atau lemon merupakan bahan-bahan alami yang mudah sekali kita jumpai, khususnya di pasar modern atau tradisional. Buah ini dikenal memiliki antibakteri, antiinflamasi dan antivirus. Hal ini bisa kita gunakan sebagai obat untuk amandel yang sedang diderita. Serta kandungan vitamin C yang banyak dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Buah tin
Buah tin atau yang lebih dikenal sebagai buah syurga ini ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk mengobati amandel. Karena kandungan lendir mucilage yang tinggi, mampu mengurangi nyeri dan rasa sakit pada amandel.

8. Minum jus jambu biji
Selain menyegarkan dan enak, jus jambu ternyata memiliki fungsi sebagai obat untuk amandel secara alami. Buah jambu dikenal kaya akan vitamin C dan dipercaya mampu mempercepat penyembuhan pada amandel. Untuk hasil yang maksimal, minumlah jus jambu setiap hari untuk mengurangi sakit pada amandel.

9. Berkumur dengan cuka apel

Selain bisa menjaga kesehatan jantung, cuka apel juga berguna untuk menyembuhkan radang amandel. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat, kemudian berkumur berkumur dengan menengadahkan kepala, lalu telan secara perlahan. Dan jika cuka apel terlalu kecut, Anda bisa menambahkan sedikit madu.

10. Makan bawang putih

Sudah ribuan tahun bawang putih dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antioksidan, dan antibakteri. Maka dari itulah bawang putih layak menjadi obat untuk amandel secara alami.

0 Response to "Cara Mengobati Amandel Dengan Menggunakan Bahan-Bahan Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel