Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Bahan-Bahan Alami

obat asam lambung alami

Duniamanajemen.com - Penyakit asam lambung merupakan suatu penyakit yang bisa dialami oleh dewasa ataupun anak-anak. Gejala penyakit dari asam lambung ini mirip dengan nyeri dada. Walaupun tidak mematikan seperti halnya dengan serangan jantung, penyakit asam lambung ini segera untuk ditangani sebelum menimbulkan komplikasi.

Gejala penyakit asam lambung
Gejala asam lambung ini beragam sekali yang bisa dirasakan oleh penderinya. Seperti halnya dada seperti terbakar, sering sendawa, mual dan muntah, sesak nafas, dan juga maag. Penyakit asam lambung ini bisa juga menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Obat asam lambung secara alami

1. Kayu manis
Perlu kalian ketahui, bahwa kayu manis ini bisa bekerja sebagai penetralisir lambung secara alami. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan pencernaan dan juga penyerapan makanan.

Penelitian yang dilansir dari kumparan.com menyebut bahwa komponen yang terdapat dalam kayu manis dapat mengurangi sekresi asam lambung dan pepsin dari dinding lambung kita.

Kayu manis juga berperan dalam mendinginkan suhu perut. Perlu kita ingat, takaran dalam mengkonsumsi kayu manis setiap harinya adalah sebanyak 1 gram saja ya. Karena jika mengkonsumsi kayu manis terlalu banyak, justru akan meracuni tubuh.

2. Jahe
Sudah lama sekali jahe sudah digunakan sebagai cara untuk mengatasi masalah pencernaan. Termasuk juga dengan naiknya asam lambung. Dalam kayu manis terdapat kandungan anti-inflamasi dan senyawa fenolat pada jahe, dapat mengurangi kontraksi lambung dan juga bisa meredakan iritasi pada saluran pencernaan. Dengan begitu, jahe sangat bermanfaat untuk mencegah asam lambung untuk naik ke tenggorokan.

3. Chamomile
Dari bunga chamomile yang paling sering digunakan adalah kepala bunganya yang diolah untuk menjadikan obat tradisional. Salah satunya untuk meredakan asam lambung yang sedang naik.

Chamomile mengandung minyak volatile dan juga flavonoid yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Di lansir dari kumparan.com bahwasanya kandungan yang ada pada bunga chamomile ini dapat menurunkan kadar asam lambung pada tubuh se-efektif obat antasid. Bahkan, campuran ekstrak chamomile ini lebih efektif dalam mencegah asam lambung yang berlebih. Secangkir teh chamomile bisa menjadi obat alami bagi penderita asam lambung.

4. Licorise
Terdapat kandungan glycyrrhizic pada lecorise yang fungsinya untuk mestimulasi perbaikan dinding lambung dan juga untuk meningkatkan aliran darah pada lapisan dinding lambung. Sehingga, licorise ini sangat membantu dalam menenangkan lapisan dinding lambung yang terluka akibat dari pencernaan dan juga produksi asam lambung berlebih.

5. Biji adas
Biji ada fungsinya untuk menetralisir asam lambung yang berlebih. Tidak hanya itu saja, biji adas juga berperan untuk menenangkan asam lambung serta merawat pencernaan. Cara mengkonsumsi biji adas adalah dengan mengunyahnya langsung atau menyesap air rendaman dari biji adas.

Cara lain untuk mencegah asam lambung
  1. Memperhatikan porsi makan

  2. Menghindari camilan di antara waktu makan
  3. Menghindari minum terlalu banyak saat makan
  4. Mengunya makanan dengan benar
  5. Makan secara teratur
  6. Tidur dengan posisi dada dan kepala lebih tinggi
  7. Mengkonsumsi pisang
  8. Meminum ramuan alami dari mentimun
  9. Mengkonsumsi kacang hijau
Baca juga:
Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

0 Response to "Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Bahan-Bahan Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel