Update kasus covid-19 indonesia : 24 Maret 2020

686
Positif
30
Sembuh
55
Meninggal

3 Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Operasi

batu ginjal

Duniamanajemen.com - Batu ginjal merupakan adanya sebuah materi yang menyerupai batu sebagai hasil dari penggumpalan suatu zat atau mineral yang terbentuk di dalam ginjal. Biasanya batu ginjal ini disebabkan karena dehidrasi kronis, efek samping dari sebuah obat, pola makan tinggi potein, sampai faktor keturunan. Batu ginjal biasanya ditangani dengan cara operasi untuk mencegah komplikasi kesehatan. Meskipun begitu, ada beberapa obat alami yang sudah kali lansir dari hellosehat.com untuk batu ginjal yang bisa Anda coba, tanpa harus melakukan operasi.

Berikut adalah beberapa obat alami batu ginjal tanpa operasi


1. Minum air yang cukup
Salah satu penyebab dari batu ginjal adalah dehidrasi yang nantinya akan membentuk batu ginjal di dalam tubuh Anda. Dengan meminum air yang cukup setiap hari, bisa menjadi obat untuk batu ginjal secara alami tanpa operasi. Usahakan untuk meminum air sebanya 12 gelas air setiap hari, lebih dianjurkan sehari-hari sekitar 8 gelar perhari. Lakukan hal ini selama beberapa waktu.

Perhatikan juga warna urin Anda. Urin orang normal warnanya bening. Jika urin Anda berwarna kuning atau merah, itu artinya ada yang sedang tidak beres dengan tubuh Anda. Segera untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

2. Minum air lemon
Selain minum air putih, Anda bisa juga menambahkan lemon di dalamnya. Lemon merupakan buah yang mengandung sitrat, yang merupakan bahan kimia yang mampu untuk mencegah pembentukan batu kalsium di dalam tubuh. Sitrat ini bisa juga memecahkan batu-batu kecil, yang kemungkinan akan melewati ginjal dengan lebih mudah.

3. Cuka apel
Cuka apel merupakan minuman yang mengandung asam sitrat. Sama halnya dengan lemon, asam sitrat pada cuka apel bisa membantu melarutkan batu ginjal. Cuka apel juga dapat meningkatkan asam pada lambung untuk mencegah terbentuknya batu baru. Cuka aple juga dapat meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh adanya batu dalam saluran kencing. Usahakan untuk tidak lebih dari 8 ons air seduhan cuka apel setiap harinya. Jika berlebiha dalam penggunaannya maka cuka apel tersebut akan menyebabkan kadar kalium dan juga osteoporosis rendah.  Untuk penderita diabetes harus hati-hati saat meminum cuka apel ini. Selalu pantau gula darah Anda dengan hati-hati setiap hati.

Cuka apel ini tidak dianjurkan bagi Anda yang sedang mengonsumsi beberapaobat berikut:
  • Insulin
  • digoxin (Digox)
  • Diuretik, seperti halnya spironalakton (Aldactone)
Baca Juga:
Cara Mencegah Virus Corona Menurut Kementerian Kesehatan RI

0 Response to "3 Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Operasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel