Apa itu penyakit Hepatitis?

pengertian hepatitis

Hepatitis adalah salah satu penyakit hati yang kapan saja bisa muncul karena adanya serangan virus. Dalam penyakit Hepatitis ini ada bermacam-macam jenisnya, namun yang paling banyak dikenal adalah Hepatiti A, B, dan C. Jika dihitung, ada 6 jenis dari penyakit ini.

Berikut adalah jenis-jenis dari hepatitis yang perlu kalian ketahui.

Hepatitis A
Proses penyebaran dari hepatitis A adalah melalui air yang sudah terkontaminasi atau juga dari makanan yang dikonsumsi. Penyakit hepatitis A dapat menyebar dengan cepat dalam satu keluarga, misalnya ketika melakukan ciuman intim. Termasuk juga mencuci tangan yang kurang bersih. Gejala yang dapat timbul adalah mual, kelelahan, kehilangan nafsu makan, sakit perut, dan demam ringan.

Hepatitis B

Proses penyebaran hepatitis B melalui serum (baian cairan darah) yang mengandung virus. Dan juga proses penularannya bisa melalui jarum suntik, seksual, donor darah dan juga transfusi darah. infeksi ini juga bisa ditularkan melalui tato, pisau cukur, tindik dan sikat gigi (jika ada kontaminasi dengan darah yang terkena infeksi).

Efek dari hepatitis B jika sudah parah, bisa terjadinya gagal hati dan juga kanker hati.
Gejala yang dapat dilihat dari penderita hepatitis B adalah sakit perut, mata kuning, warna kencing tidak jernih.

Hepatitis C
Proses penularan dari hepatitis C bisa dari jarum yang digunakan secara bermasa antara pengguna narkoba dan juga lewat transfusi darah. Juga penularannya bisa melalui kontak seksual.

Jika sudah kronis, hal yang diakibatkan dari hepatitis C ini adalah gagal hati dan kanker hati. Dan untuk menyadari akan hal ini, perlu diperhatikan ketika kita sudah mengalami sejumlah gejala seperti mata kuning, kelelahan, kurang nafsu makan, dan mual.

Hepatitis D
Proses penularan dari hepatitis D hampir sama, yakni melalui jarum yang digunakan bermasa oleh pengguna narkoba, kontek seksual dan darah yang terkontaminasi. Gejalanya adalah sakit perut, kelelahan dan mual. Ketika seseorang menderita penyakit hepatitis D dan hepatitis B, maka hal ini akan sulit untuk di obati.

Hepatitis E
Dalam hal ini hepatitis E mirip sekali dengan hepatitis A. Ini terjadi pada bagian Asia, yang dapat ditularkan melalui air yang sudah terkontaminasi. Beberapa gejala yang akan tampak adalah sakit kuning, mual dan juga kurangnya nafsu makan. Dalam beberapa kasus yang terjadi, hepatitis E akan berkembang yang kemudian akan mengakitbatkan gagal hati akut.

Hepatitis G

Nama lain dari hepatitis G adalah GBV-C, baru-baru ini telah ditemukan bahwa hepatitis G menyerupai dengan hepatitis C. Akan tetapi, untuk hepatitis G dan apa saja dampaknya, saat ini sedang diselidiki lebih lanjut oleh para ahli.

Sumber: merdeka.com

0 Response to "Apa itu penyakit Hepatitis?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel