Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Pengertian Pendekatan Pembelajaran - duniamanajemen.com Pengertian Pendekatan Pembelajaran - DUNIA MANAJEMEN

Pengertian Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran

Istilah pendekatan berasal dari bahasa Inggris "approach" yang memiliki beberapa arti, di antaranya diartikan dengan "pendekatan". Di dalam dunia pengajaran kata "approach" lebih tepatnya diartikan sebagai "cara memulai sesuai". Maka dari iut, istilah pendekatan dapat diartikan sebagai "cara memulai pembelajaran".

Dalam pengertian pendekatan pembelajaran, secara tegas belum ada kesepakatan dari para ahli pendidikan. Namun beberapa ahli mencoba menjelaskan tentang pendekatan pembelajaran, misalnya yang ditulis oleh Gladene Robertson dan Hellmut mengemukakan pendekatan pembelajaran sebagai dokumen data dan pendekatan pembelajaran sebagai bahan kajian yang terus berkembang. Pendekatan pembelajaran sebagai dokumen tetap dimaknai sebagai suatu kerangka umum dalam praktek profesional guru yaitu serangkaian dokumen yang dikembangkan untuk mendukung pencapaian kurikulum. Hal tersebut berguna untuk 1) mendukung kelancaran guru dalam proses pembelajaran; 2) membantu para guru menjabarkan kurikulum dalam praktik pembelajaran di kelas; 3) Sebagai panduan bagi guru dalam menghadapi perubahan kurikulum; 4) sebagai bahan masukan bagi para penyusun kurikulum untuk mendesain kurikulum dan pembelajaran yang terintegrasi.

Pendekatan pembelajaran sebagai bahan kajian yang terus berkembang, oleh Glanede Robertson dan Hellmut Lang di mana i Selain sebagai kerangka umum untuk praktek profesional guru, juga dimaksud sebagai studi komprehensif tentang praktik pembelajaran maupun petunjuk pelaksanaannya. Selain itu, dokumen tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong para guru agar: 1) mengkaji lebih jauh tentang pendekatan-pendekatan pembelajaran yang lainnya; 2) menjadi bahan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilakukan; 3) merupakan seni, seperti halnya ilmu mengajar yang terus berkembang; 4) sebagai katalisator untuk mengembangkan profesional guru lebih lanjut.

Menurut Philip R. Wallace pendekatan pembelajaran dibedakan menjadi dua bagian, yaitu pendekatan konservatif dan pendekatan liberal. Pendekatan konservatif disini adalah sebuah proses pembelajaran yang dilakukan sebagaimana umumnya guru mengajarkan materi kepada siswanya. Guru mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, sedangkan Siswa lebih banyak sebagai penerima. Sedangkan pendekatan liberal merupakan pendekatan pembelajaran yang memberi kesempatan yang luas kepada siswa untuk mengembangkan strategi dan keterampilan belajarnya sendiri.

Di Indonesia, kedua istilah di atas lebih familiar digunakan dengan istilah pendekatan konvensional dan pendekatan siswa aktif atau PAKEM. Berdasarkan uraian di atas maka dapat diperoleh pengertian bahwa yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran adalah cara umum yang ditempuh oleh guru dalam proses pembelajaran siswa.

Sumber: Strategi Pembelajaran, Abdul Majid

0 Response to "Pengertian Pendekatan Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel