Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Pengertian Model Pembelajaran - duniamanajemen.com Pengertian Model Pembelajaran - DUNIA MANAJEMEN

Pengertian Model Pembelajaran

pengertian model pembelajaran

Secara umum istilah "model" diartikan sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Dalam pengertian lain, model juga diartikan sebagai barang atau benda tiruan dari benda sesungguhnya, seperti "globe" yang merupakan model dari bumi tempat kita hidup. Dalam istilah selanjutnya, istilah model digunakan untuk menunjukkan pengertian yang pertama sebagai kerangka konseptual. Atas dasar pemikiran tersebut, maka yang dimaksud dengan "model belajar mengajar" adalah kerangka konseptual dan prosedur yang sitematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pengajaran, serta para guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Dengan demikian, aktivitas belajar mengajar benar-benar merupakan kegiatan bertujuan yang tersusun secara sistematis.

Dewey memberikan definisi tentang model pembelajaran yakni suatu rencana atau pola yang dapat kita gunakan untuk merancang tatap muka di kelas, atau pembelajaran tambahan di luar kelas dan untuk menajamkan materi pengajaran.
Dari pengertian diatas dapat dipahami bahwa:
  1. Model pembelajaran merupakan kerangkan dasar pembelajaran yang dapat diisi oleh beragam muatan mata pelajaran, sesuai dengan karakteristik kerangka dasarnya.
  2. Model pembelajaran dapat muncul dalam beragam bentuk dan variasi sesuai dengan landasan filosofis dan pedagogis yang melatas belakanginya.

Dalam hal ini moodel pembelajaran memiliki 4 ciri khusus yang membedakan dengan strategi, metode, atau prosedur. Ciri-ciri tersebut adalah:
  1. Rasional teoritis logis yang disusun oleh para pengembangnya.
  2. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana para peserta didik belajar.
  3. Tingkah laku pembelajaran yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil.
  4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai.

0 Response to "Pengertian Model Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel