Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Pengertian Manajemen - duniamanajemen.com Pengertian Manajemen - DUNIA MANAJEMEN

Pengertian Manajemen

pengertian manajemen

"Siapa yang membutuhkan manajemen?" Pertanyaan ini sering dijawab: "Perusahaan (bisnis)"! Tentu saja benar sebagian, tetapi tidak lengkap, dikarenakan manajemen juga dibutuhkan untuk semua tipe dalam semua organisasi. Dalam prakteknya manajemen dibutuhkan di mana saja orang-orang bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Setiap manusia didalam perjalanan hidupnya, akan selalu menjadi seorang anggota dari beberapa bentuk organisasi, militer, perkumpulan olahraga, seperti sekolah, kelompok musik, atau organisasi perusahaan. Organisasi-organisasi ini mempunyai persamaan persamaan dasar walaupun dapat berbeda satu dengan yang lain dalam beberapa hal. Contoh, organisasi perusahaan atau Departemen pemerintah dikelola secara lebih formal dibanding kelompok olahraga atau Rukun Tetangga. Persamaan ini terutama tercermin pada fungsi-fungsi manajerial yang dijalankan.

Fungsi-fungsi manajemen tersebut adalah universal. Sifat ini merupakan hasil dari kenyataan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah sama di mana saja, dalam seluruh organisasi dan pada waktu kapan saja. Fungsi-fungsi manajerial ini sama untuk perusahaan-perusahaan besar, kecil atau pun multinasional. Organisasi-organisasi kemasyarakatan atau semi kemasyarakatan, kelompok-kelompok hobi dan sebagainya. Walaupun mungkin diterapkan secara berbeda oleh manajer manajer yang berbeda pula. Dalam hal ini tergantung pada variabel variabel seperti organisasi, kebudayaan, dan tipe anggota. Setiap dalam kasus manajemen Jepang, penerapan fungsi-fungsi dan prinsip-prinsip dasar manajemen sebagai besar sama dengan manajemen Barat.

Manajemen Jepang pada hakekatnya menitikberatkan karyawan atau sumber daya manusia sebagai modal utama dan terpenting dalam organisasi. Berbeda dengan manajemen Barat di mana Karyawan tidak semata-mata dianggap sebagai salah satu unit produksi saja, melainkan sebagai manusia manusia utuh. Perbedaan penerapan ini terutama karena pengaruh variabel budaya Jepang. Gaya manajemen Jepang sebenarnya mirip dengan manajemen partisipatif dalam manajemen Barat.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya manajemen adalah proses perencanaan yang melibatkan banyak orang untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara yang efektif dan efisien

0 Response to "Pengertian Manajemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel