Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Makna Strategi Pembelajaran - duniamanajemen.com Makna Strategi Pembelajaran - DUNIA MANAJEMEN

Makna Strategi Pembelajaran

strategi pembelajaran

Strategi yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran disebut dengan strategi pembelajaran. Pembelajaran secara singkat adalah upaya seorang guru/pendidik untuk membantu para peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar. Tujuan strategi pembelajaran adalah terwujudnya efisiensi dan efektivitas kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik. Pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran adalah pendidik serta peserta didik yang berinteraksi edukatif antara satu dengan yang lainnya. Isi kegiatan adalah bahan atau materi belajar yang bersumber dari kurikulum suatu program pendidikan.

Proses kegiatan adalah langkah-langkah atau tahapan tahapan yang dilalui pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Sumber pendukung kegiatan pembelajaran mencangkup fasilitas dan alat alat bantu pembelajaran. Dengan demikian strategi pembelajaran mencangkup penggunaan pendekatan, metode, dan teknik, bentuk media, sumber belajar, pengelompokan peserta didik untuk mewujudkan interaksi edukasi antara pendidik dengan peserta didik, antara peserta didik dan antara peserta didik dengan lingkungannya, serta upaya pengukuran terhadap proses, hasil, atau dampak kegiatan pembelajaran.

Strategi pembelajaran bisa dimaknai sebagai perencanaan yang memiliki isi tentang rangkaian kegiatan yang didisain untuk mencapai tujuan pendidikan. Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai sebuah tujuan. Dalam hal ini, strategi pembelajaran adalah sebuah perencanaan tindakan yang didalamnya termasuk penggunaan metode-metode yang diperlukan juga pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pendidikan.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan yang termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran. Hal ini berarti bahwa di dalam penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja, belum sampai tindakan. Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu, artinya arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan, sehingga penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semua diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan.

0 Response to "Makna Strategi Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel