Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Jenis-Jenis Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan - duniamanajemen.com Jenis-Jenis Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan - DUNIA MANAJEMEN

Jenis-Jenis Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan

Marsha Weil dan juga Bruce Joyce mengatakan bahwasanya ada 4 kelompok model pembelajaran, yakni model 1) interaksi sosial; 2) pengelolaan informasi; 3) personal-humanistik; dan 4) modifikasi tingkah laku. Meskipun demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran. Keempat model pembelajaran tersebut dapat dilihat pada uraian berikut.

1. Model Proses Informasi

Teory belajar oleh Gagne disebut dengan Information Processing Learning Theory. Teori ini merupakan gambaran atau model dari kegiatan di dalam otak manusia di saat memproses suatu informasi.

Menurut Gegne, dalam pembelajaran terjadi proses penerimaan informasi yang kemudian diolah sehingga menghasilkan keluaran dalam bentuk hasil belajar. Ketika pemprosesan mengenai informasi, terjadi adanya interaksi antara kondisi kondisi internal dan kondisi kondisi eksternal individu. Kondisi internal merupakan sebuah kondisi dalam individu yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar dan proses kognitif yang terjadi dalam individu. Sedangkan kondisi eksternal merupakan sebuah rangsangan dari lingkungan sekitar yang mempengaruhi individu Dalam proses pembelajaran.

Menurut Gegne, tahapan proses pembelajaran tersebut meliputi delapan fase, yaitu 1. Motivasi; 2. Pemahaman; 3. Pemerolehan; 4. Penyimpanan; 5. Ingatan kembali; 6. Generalisasi; 7. Perlakuan; 8. Umpan balik.

Model-model pembelajaran yang termasuk kedalam rumpun ini, bertolak dari prinsip-prinsip pengelolaan informasi oleh manusia dengan memperkuat dorongan-dorongan internal untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data, merasakan adanya masalah dan mengupayakan jalan keluarnya, serta pengembangan bahasa untuk mengungkapkannya. Kelompok model ini menekankan bahwa peserta didik agar memilih kemampuan untuk memproses informasi Sehingga peserta didik yang berhasil dalam belajar adalah yang memiliki kemampuan dalam memproses informasi. Terdapat 7 model pembelajaran dalam rumpun ini, yaitu:
  • Pencapaian konsep
  • Berfikir induktif
  • Latihan penelitian
  • Pemandu awan
  • Memorisasi
  • Pengembangan intelek
  • Penelitian ilmiah
Jenis-Jenis Model Pembelajaran dalam pendidikan

2. Model Personal
Rumpun model personal bertolak dari pandangan kedirian dari individu. Proses pendidikan sengaja Diusahakan Yang memungkinkan seseorang dapat memahami diri sendiri dengan baik, sanggup memikul tanggung jawab untuk pendidikan dan lebih kreatif untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Dalam penggunaan model-model pembelajaran dalam rumpun personal ini, lebih mengutamakan perhatian kepada pandangan perseorangan dan berusaha menggalakkan kemandirian yang produktif sehingga manusia menjadi semakin sadar diri dan bertanggung jawab atas tujuannya.

Dalam rumpun model personal ini terdapat empat model pembelajaran, yaitu:
  • Pengajaran tanpa arahan
  • Model sinektik
  • Latihan kesadaran
  • Pertemuan kelas
3. Model Interaksi Sosial
Model interaksi sosial pada hakikatnya nya bertolak dari pemikiran pentingnya hubungan pribadi dan hubungan sosial atau juga hubungan individu dengan lingkungan sosialnya. Dalam konteks ini proses belajar pada hakekatnya adalah mengadakan hubungan sosial dalam pengertian peserta didik berinteraksi dengan peserta didik lain dan berinteraksi dengan kelompoknya. Langkah yang ditempuh guru dalam model ini adalah 1. Guru mengemukakan masalah dalam bentuk situasi sosial kepada para peserta didik; 2. Peserta didik dengan bimbingan guru menelusuri berbagai macam masalah yang terdapat dalam situasi tersebut; 3. Peserta didik diberi tugas atau permasalahan yang berkenaan dengan situasi tersebut untuk dipecahkan, dianalisis, dan dikerjakan; 4. Dalam memecahkan masalah belajar tersebut peserta didik diminta untuk mendiskusikannya; 5. Peserta didik dapat membuat kesimpulan dari hasil diskusinya.; 6. Membahas kembali hasil-hasil kegiatannya.

Model interaksi sosial dapat digunakan antara lain dengan menggunakan metode sosiodrama atau bermain peran. Keterlibatan para peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran cukup tinggi, terutama dalam bentuk partisipasi dalam kelompoknya, partisipasi ini menggambarkan adanya interaksi sosial antara sesama peserta didik dalam kelompoknya tersebut. Oleh karena itu, model interaksi sosial boleh dikatakan berorientasi pada peserta didik dengan mengembangkan sikap demokratis yang artinya sesama mereka mampu saling menghargai Meskipun mereka memiliki perbedaan.

Dalam rumpun model interaksi sosial ini terdapat lima model pembelajaran yaitu:
  • Investigasi kelompok
  • Bermain peran
  • Penelitian yurisprudensial
  • Latihan laboratories
  • Penelitian ilmu sosial

4. Model Sistem Perilaku (behavior)
Model behavioral lebih menekankan pada perubahan-perubahan perilaku yang tampak pada peserta didik sehingga konsisten dengan konsep dirinya. Sebagai bagian dari teori stimulus dan respon, model behavioristik menekankan bahwa tugas-tugas yang harus diberikan Dalam suatu rangkaian kecil, berurutan, dan mengandung perilaku tertentu.

Model ini bertitik tolak dari teori belajar behavioristik, ya itu bertujuan mengembangkan sistem yang efisien untuk mengurutkan tugas-tugas belajar dan membentuk tingkah laku dengan cara memanipulasi penguatan. Model ini lebih menekankan pada aspek perubahan perilaku psychologist dan perilaku yang tidak dapat diamati. Karakteristik model ini adalah penjabaran dari tugas-tugas yang harus dipelajari para peserta didik lebih efisien dan juga secara berurutan.

Ada 4 fase dalam model modifikasi tingkah laku ini yaitu:
  • Fase mesin pengajaran
  • Penggunaan media
  • Pengajaran berprogram
  • Operant conditioning dan operant reinforcement

0 Response to "Jenis-Jenis Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel