Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status 8 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja - duniamanajemen.com 8 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja - DUNIA MANAJEMEN

8 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

 tips wawancara kerja
Duniamanajemen.com - Bagi kalian yang sedang melamar kerja, sesi interview atau sesi wawancara merupakan suatu hal yang bikin jantung berdebar kencang. Kerap ada beberapa pertanyaan yang menjebak para pelamar kerja, sehingga harus betul-betul dibawaj dengan baik agar bisa diterima kerja.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara menjawab pertanyaan interview atau wawancara kerja.
1. Gambarkan diri kalian
Tentu HRD akan menanyakan hal ini pada kalian yang sedang melamar kerja. Apakah hal ini berupa gambaran positif atau negatif? Perlu hati-hati, karena pertanyaan semacam ini untuk mengetahui karakter dasar kalian. Karena karakter karyawan merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Maka dari itu, perlu bagi kalian untuk menjawab karakter kalian secara positif. Contohnya, mampu berkomunikasi dengan baik, mudah bekerja sama, antusias, berkomitmen tinggi, jujur, dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan bahwa karakter yang disebut harus benar-benar sesuai dengan diri kalian.

2. Tahu tentang perusahaan yang dilamar
Nah, padah hal ini biasanya kalian akan ditanyakan dengan pertanyaan seperti ini "Apa yang kamu ketahui dengan perusahaan ini?". Pertanyaan seperti ini cukup penting, Sehingga hal ini untuk mengetahui seberapa besar hal yang diketahu tentang perusahaan yang dituju oleh pelamar, seperti halnya mengetahui tentang visi dan misi perusahaan. Tips untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan cara fokus pada sisi positifnya saja terhadap perusahaan yang dilamar. Jangan sampai kalian membanding dengan perusahaan kalian yang sebelumnya. Kalian perlu untuk menunjukkan bahwa perusahaan yang kalian lamar memiliki sejumlah keunggulan yang membuat kalian tertarik untuk melamar. Hal ini akan membuat perusahaan menjadi tertari kepada kalian untuk memilih sebagai karyawan.

3. Mengapa tertarik dengan perusahaan ini?
Pasti kebanyakan orang akan menjawab tentang gaji yang tingg serta suasana kerja yang begitu nyaman. Kalian jangan terkecoh! Pertanyaan semacam ini adalah untuk mencari motivasi yang sesungguhnya kepada kalian. Karena setiap perusahaan lebih mementingkan para pekerja yang loyal. Maka dari itu, pastikan kalian tidak asal menjawab pertanyaan semacam ini. Apalagi kalian memberitahukan ketidaknyamanan di perusahaan sebelumnya. Hal ini akan menganggap kalian sebagai orang yang tidak mau bekerja keras. Sebaiknya kalian menjawa hal-hal positifnya saja, seperti karena ingin ikut serta untuk menyalurkan bakat. Atau karena posisi yang sedang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidika kalian.

4. Apa saja prestasi yang di raih dalam karier?
Sangat wajar jika suatu perusahaan menginginkan calon karyawan yang terbaik. Maka dari itu, setiap perusahaan akan menanyakan tentang pencapaian apa saja pada masa-masa sebelumnya. Sehingga perusahaan bisa mengukur tingkat keberhasilan kalian, dan dapat perusahaan memutuskan untuk memperkerjaakan kalian. Berikan jawaban keberhasilan yang diraih sebelumnya untuk membuktikan kalian layak untuk diterima.

5. Jelaskan rencana kalian kedepan
Pertanyaan seperti ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama kalian ingin bergabung dengan perusahaan yang sedang kalian lamar. Untuk menjawab pertanyaan ini, jelaskan tentang tujuan jangka panjang kalian. Pastikan untuk melibatkan perusahaan yang sedang dilamar sebagai bagian dari rencana.

6. Mengapa berhenti?
Nah, pertanyaan semacam ini merupakan pertanyaan yang penting. Karena dari jawaban ini akan memberikan informasi kepada perusahaan tentang diri kalian. Pastikan hindari tentang masalah pribadi sebagai alasan. Pastikan menggunakan alasan yang professional. Jangan jawab disebabkan karena konflik. Fokuslah pada jawaban untuk mencari posisi yang sesuai dengan minat dan bakat kalian.

7. Berapa gaji yang diinginkan?
Pertanyaan ini memang sulit untuk dijawab. Karena bisa jadi posisi yang sama tapi gaji yang diminta akan berbeda. Sehingga untuk menentukan berapa gaji yang diinginkan, memerlukan pemikiran lebih. Maka dari itu, ketahui dahulu tentang standar gaji di perusahaan yang hendak dilamar. Jelaskan tentang ekspektasi kalian yang masih didalam standar perusahaan dan juga seperti pengalaman kalian. Sehingga hal ini bisa memberikan maksimal dari standar yang telah diterapkan oleh perusahaan yang sedang dilamar.

8. Apakah ada pertanyaan untuk kami?
Jangan jawab "tidak"! karena perusahaan akan menilai kalian tidak tertarik dengan perusahaan. Cobalah untuk menjawab dengan pertanyaan seputar sistem atau peraturan dari perusahaan yang kalian lamar. Pastikan kalian bertanya sesuatu yang memang kalian ingin ketahui.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tidak Diterima Kerja

0 Response to "8 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel