DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Pengertian Tentang Etika Bisnis Islam - duniamanajemen.com Pengertian Tentang Etika Bisnis Islam - DUNIA MANAJEMEN

Pengertian Tentang Etika Bisnis Islam

Secara bahasa, Etika (ethics) yang berasal dari bahasa yunani ethicos yang memiliki arti yang beragam : Pertama, sebagai sebuah analisis konsep-konsep terhadap apa yang harus, mesti, tugas, aturan-aturan moral, benar, salah, wajib, tanggung jawab, dsb. Kedua, sebagai aplikasi ke dalam watak moralitas atau tindakan-tindakan moral. Ketiga, sebagai aktualisasi kehidupan yang baik secara moral. Etika bisnis dalam Islam mengandung pengertian proses dan upaya untuk mengetahui hal-hal yang benar dan salah yang selanjutnya tentu melakukan hal yang benar berkenaan dengan produk, pelayanan perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan tuntutan perusahaan.
pengertian etika bisnis islam
Etika Bisnis Islam adalah Norma-Norma Etika Yang Berbasis Al-Qur’an Dan Hadist Yang Harus Dijadikan Acuan Oleh Siapapun Dalam Aktivitas Bisnis.  Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa etika bisnis dalam islam yaitu persoalan mengenai ekonomi bisnis yang bersumber dari Al-qur’an dan Al-hadist. Islam lahir salah satunya melalui lingkungan perdagangan, ia menekankan kebaikan-kebaikan dalam transaksinya dan menempatkan posisi seorang pedagang yang jujur setelah Nabi Muhammad SAW, dan para syuhada yang wafat dijalan Allah SWT. Pada saat yang sama, ia menghukum berat para pedagang atau saudagar yang melakukan praktik yang tidak jujur dan berusaha memperoleh keutungan dengan cara yang tidak adil.

Prinsip Akhlak yang mulia dan Akhlak  tercela,  disebabkan proses produksi yang menyalahi aturan, merugikan orang lain, dan lain-lain. Semua itu adalah realitas yang cukup dikenal dan mudah dipahami oleh semua orang sifat tentang baik dan buruk adalah inherent  dalam watak manusia sendiri.  Mempertahankan  persaingan pasar yang semakin pesat, tentunya, banyak hal yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis. Seperti mempertahankan pasar maupun merebut pasar yang sudah ada. Suatu perusahaan dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam mengadaptasikan stategi usahanya sehingga mudah diterima oleh lingkungan yang semakin sering mengalami perubahan.

Nilai dan Norma Etika saat ini, kian terealisasi dari berbagai ranah kehidupan, tanpa terkecuali dalam dunia bisnis yang menjadi bagian dari aktivitas sebagian besar makhluk manusia. Para pelaku bisnis semakin tidak terkendali dalam mengikuti keinginan hawa nafsunya, tidak lagi mau menyuarakan bisikan kata hati yang mengajak pada kebenaran. . Pada kenyataannya, saat  ini yang terlihat  di masyarakat adalah perilaku yang menyimpang dari ajaran agama, merosotnya Nilai dan Etika dalam bisnis yang sesuai dengan syariat Islam.  Dunia bisnis yang tumbuh dengan pesat menjadi tantangan maupun ancaman bagi para pelaku usaha agar dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan yang dimilikinya.

Etika bisnis Islam sebagai tataran praksis nilai-nilai dan norma-norma moral Islam yang telah dipraktikkan dalam bisnis sebagai tolak ukur praktik bisnis di era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan informasi. Dimana etika bisnis mulai tipis diterapkan. Etika bisnis Islam adalah menentukan kebebasan manusia untuk bertindak dan bertanggung jawab karena kepercayaannnya terhadap kemaha kuasaan Tuhan. Para pelaku bisnis sebagian besar lebih mengedepankan kepentingan bisnis  korporat dari pada kepentingan moral. Karena itu, etika bisnis Islam sebagai praksis tolak ukurnya sama halnya dengan moral atau moralitas. Apabila dalam praktiknya para pelaku bisnis bersikap jujur dalam timbangan, jujur dalam beriklan, menghindari menopoli dan nepotisme, bersikap adil, ramah pada konsumen, dan menjauhi pembajakan dalam bentuk apapun, maka akan terciptanya sistim jual beli yang baik dan tidak akan merugikan baik penjual maupun pembeli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel