DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Info Lengkap Tentang Makanan Sehat - duniamanajemen.com Info Lengkap Tentang Makanan Sehat - DUNIA MANAJEMEN

Info Lengkap Tentang Makanan Sehat

Menu makanan sehat merupakan makanan yang banyak mengandung nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh yang fungsinya untuk merawat kesehatan dan mendukung pertumbuhan dan berkembangan. Makanan sehat itu bisa dicirikan bersih, berkecukupan, dan juga bergizi. Makanan yang sehat di dalamnya terkandung gizi yang seimbang antara karbohidrat, lemak, protein dan juga vitamin.

makanan sehat

Mengkonsumsi makanan-makanan sehat tidak harus membatasi satu ataupun beberapa jenis makanan saja. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat, justru akan memberikan nutrisi yang beda sehingga dapat melengkapi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut adalah menu makanan sehat yang mudah untuk dibuat dirumah, diantaranya:

1. Sub Bening

Dengan sub bening yang di dalamnya terdiri dari macam-macam sayuran dapat memberi tenaga. Pada saat jam makan malam, sebaiknya pilih sub bening dibandingkan sub yang kental dan mengandung banyak rempah-rempah atau bumbu. Ada banyak manfaat jika mengonsumsi sayuran, diantaranya dapat membuat pencernaan lebih lancar.

2. Pecel

Pada saat ini, tentu orang-orang sudah mengetahui menu makanan yang satu ini. Makanan tradisional yang berasal dari Jawa Timur ini berisi bermacam sayuran seperti tauge, kangkung, bayam, mentimun dan masih banyak lagi. Dengan variasi yang ada dalam menu pecel, kalian akan terhindar dari penyakit yang dapat menyerang tubuh yang lemah. Akan tetapi, karena menu pecel itu dibaluri dengan bumbu kacang, tak jarang hal tersebut dapat menyebabkan jerawat.

3. Brokoli

Sayuran hijau memang banyak sekali. Tapi, brokoli memang paling banyak di cari. Dikarenakan rasanya yang tidak pahit dan juga sedikit mengandung kalori. Menu ini cocok untuk makan malam yang berguna untuk menyuplai anti oksidan dan menyehatkan di malam hari.

4. Selada

Selada ini bisa membantu kalian kenyang lebih cepat. Karena di dalam daun selada ini mengandung banyak serat. Dan yang paling dicari dari sayuran ini adalah termasuk dalam kategori zero calories. Jadi kalian tidak perlu khawatir gemuk.

5. Tempe sambal

Menu makanan sehat selanjutnya ini pada tiap hari hampir semua orang mengonsumsinya. Tentunya karena harganya yang murah dan juga mudah untuk didapatkan. Menu makanan sehat yang berbahan kedelai ini sangat menyehatkan. Karena tempe dikenal mengandung zat besi, vitamin B, magnesium, kalium dan juga kalsium.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan cara menggoreng tempe hingga matang. Kemudian tinggal buat sambal sesuai dengan selera atau favorit kalian.

6. Sandwich

Menu makanan sehat ini memang berasal dari Eropa. Dimana makanan sehat ini dapat membuat aktivitas kalian menjadi lebih energi. Selain rasanya yang enak, juga sandwich ini menyehatkan. Proses pembuatannya pun sangat mudah. Dengan cara menyiapkan roti tawar sejumlah dua lembar, tomat yang dipotong, selada, mentimun, telur ceplok, keju dan juga mayoniase.

7. Gado-gado

Menu makanan sehat ini mudah didapatkan dan juga harganya murah. Hal ini hampir sama dengan yang menjadi pembahasan kita diatas yakni pecel. Dimana yang terkandung dalam makanan sehat ini dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh kita.

Jenis-jenis makanan sehat

Makanan sehat pada umumnya meliputi berbagai nutrisi dengan jumlah yang memadai, termasuk didalamnya vitamin dan mineral. Dimana sayuran hijau berapa pada posisi pertama dalam hal jenis makanan sehat karena banyak mengandung nutrisi yang cukup lengkap.

Buah-buahan

Buah juga ikut berperan penting untuk dikonsumsi karena di dalamnya mengandung banyak sekali vitamin. Dari berbagai buah yang ada, berikut adalah buah yang paling banyak mengandung nutrisi:
  • Blueberry dan blackberry. buah ini mengandung banyak antioksidan, serat dan rendah akan kalori.
  • Pisang, sebagai sumber kalium
  • Alpukat, banyak mengandung lemak sehat, vitamin C dan juga kalium
  • Jeruk, banyak mengandung vitamin C
  • Apel, banyak mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan dan juga mengandung banyak serat.

Selain buah-buahan, mengonsumsi makanan sehat harus seimbang dan juga beragam. Dibawah ini makanan yang wajib kamu konsumsi selain buah-buahan dan juga sayuran:

Daging

Daging merupakan makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi. Daging sapi yang tanpa lemak menjadi sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibanding dengan macam-macam daging lainnya.

Telur

Telur merupakan salah satu yang paling banyak mengandung protein dan juga mengandung mineral, vitamin, antioksidan hingga lemak tak jenuh

Kacang dan juga biji-bijian

Makanan sehat ini termasuk dalam ketegori makanan yang renyah dan banyak mengandung akan nutrisi termasuk didalamnya magnesium dan juga vitamin E.

Makanan laut

makanan laut disini berupa ikan dan juga lainnya. Dimana makanan sehat ini banyak mengandung omega 3 dan juga yodium. Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jika orang sering makan ikan air asin cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit.

Susu

Susu merupakan minuman yang tinggi akan berbagai vitamin, mineral, protein hewani yang berkualitas dan lemak sehat. Susu juga merupakan sumber kalsium. Kalian juga dapat mengonsumsi susu dalam berbagai jenis olahan, baik itu susu kedelai, susu yang juga difermentasi sehingga menjadi yoghurt, juga mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Makanan yang menyehatkan jantung
Ikan salmon
Ikan salmon dan termasuk juga ikan jenis lainnya yang mengandung asam lemak omega 3 adalah makanan sehat yang berfungsi untuk menyehatkan jantung dan layak untuk dikonsumsi. Kandungan yang terkandung berupa omega 3 dapat menurunkan risiki gangguan jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah. Omega 3 juga dapat mencegah yang namanya peradangan.

Oatmeal

Makanan sehat lainnya yakni dengan mengonsumsi oatmeal. Dimana makanan sehat ini mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Oatmeal juga berfungsi membantu menjaga gula darah, sehingga sangat baik untuk pengidap diabetes. Serat yang terkandung dalam oatmeal bisa membuat jantung menjadi sehat dan juga menurukan kolesterol jahat.

Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin C, potasium, folat karbohidrat, kalsium, vitamin B1, vitamin B3 dan berbagai macam vitamin lainnya yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Dalam hal ini kandungan yang ada dalam jeruk dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan dapat meningkatkan kolesterol baik.

Kenali berbagai jenis makanan yang perlu dihindari

Selain mengonsumsi makanan-makanan sehat, kalian juga perlu mengenali makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu kesehatan.

Pertama, hindari makanan dan juga minuman yang ditambah gula. Jika dikonsumsi dengan jumlah besar, dapat memicu terjadinya resistensi insulin dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serius, termasuk penyakit diabetes dan juga penyakit jantung.

Kedua, untuk menghindari makanan cepat saji, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan juga keripik. Makanan jenis ini sangat banyak mengandung kalori, tapi sangat sedikit nutrisinya. Makanan cepat saji juga dapat mendorong kita untuk makan secara berlebihan.

Kalian sebaiknya juga menghindari makanan atau minuman yang tidak sehat lainnya, misalnya seperti es krim, permen, keju olahan, daging olahan. Akan tetapi jika kalian ingin mengonsumsinya, sebaiknya mengonsumsi tidak terlalu sering.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel