Ide Bisnis Online yang Mudah Dijalankan

Ide Bisnis Online yang Mudah Dijalankan

Sunday, June 09, 2019

Bisnis adalah sebuah pekerjaan yang dimimpikan oleh para pemuda tanah air. Namun, sedikit dari mereka untuk mewujudkannya dan memilih untuk menjadi pekerja dari pada menjadi bos atau mereka lebih memilih jalan aman menjadi seorang pagawai negeri. Menurut mereka pekerjaan tersebut lebih kecil resikonya dari pada membangun bisnis sendiri. Mereka lebih memikirkan resiko kedepannya dari pada keuntungan yang akan mereka dapatkan di masa depan. Itulah sebabnya Indonesia masih belum bisa menjadi negara maju. Karena syarat untuk menjadi negara maju adalah memiliki jumlah pembisnis minimal 3%. Sedangkan Indonesia sendiri dari sekian juta jiwa masih meraih angka 1,65% masyarakat yang menjadi seorang pembisnis. Maka dari itu, di zaman millenial ini. Diciptakanlah bisnis online untuk melatih kita dan kalian semua menjadi seorang pembisnis yang handal.

bisnis online


Bisnis online adalah bisnis yang lagi trending masa kini baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Banyak masyarakat yang tertarik dengan bisnis online, karena mereka dapat berdagang dengan modal yang amat sedikit tetapi mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Apalagi anak muda masa kini, hampir semua anak muda menggeluti bisnis online tersebut. Tidak hanya anak muda, anak kecil sampai orang tua pun juga ikut serta untuk berbisnis secara online. Iya, berbisnis online merupakan bisnis yang bisa dibilang gampang-gampang susah siapa saja bisa melakukannya. Banyak barang yang bisa dijual, mulai dari baju, aksesoris, mainan, make up, barang elektronik sampai makanan kering hingga makanan basah, semua bisa dijual secara online. Mudah, bukan?

Saat ini, anak muda dan orang tua tak perlu khawatir lagi untuk mewujudkan mimpi-mimpi kalian menjadi seorang pembisnis. Bisnis online adalah salah satu jembatan bisnis kalian untuk menjadi seorang pembisnis sukses, asalkan kalian tekun menjalankan bisnis online tersebut. Apalagi penjualan di bisnis online tidak terbatas tempat karena dengan berbisnis online kalian dapat menjual produk kalian ke seluruh Indonesia ataupun luar negeri. Didukung dengan perkembangan jaringan internet yang semakin cepat, kita bisa kapanpus mempromosikan produk kita di berbagai sosial media yang kita miliki atau lewat web yang kita buat.

Berikut beberapa bisnis online yang dapat kita jalankan

1.    Jual Fashion Masa Kini

Berjualan fashion masa kini di bisnis online, baik itu baju, aksesoris ataupun make up adalah hal yang tepat. Karena fashion telah menjadi kebutuhan primer utamanya bagi kaum perempuan. Kalaupun kita menjual fashion masa kini, utamakan fashion yang kita tawarkan pada konsumen adalah yang memiliki karakter unik dan berkualitas. Saat ini, yang dicari oleh konsumen adalah keunikan disetiap produk yang dijual, yang membedakan produk kamu dengan produk lainnya, sehingga produk fashion yang kamu jual dapat dikenal dengan mudah oleh para konsumen.

Untuk baju, kita bisa melihat apa yang konsumen butuhkan. Saat ini, konsumen membutuhkan fashion yang simple, casual dan fashionable. Usahakan produk yang kita jual sesuai dengan kemauan konsumen bukan dengn kemauan kita sendiri, kecuali kita memiliki selera yang sama dengan para konsumen kita. Tidak hanya baju yang simple dan casual. Saat ini konsumen kita tengah gila-gilanya dengan baju syar’i dari berbagai model dari model yang simple dan model yang penuh dengan pernak pernik. Saat ini baju syar’i atau gamis sangat digemari oleh anak-anak kuliah sebagai outfit mereka ke kampus.

Untuk aksesoris, kita dapat melihat darin artis atau penyanyi yang banyak anak muda saat ini gemari. Contohnya, saat ini banyak anak muda yang tergila-tergila dengan nisa sabyan bahkan sampai cara berpakaian dan aksesoris yang  nisa sabyan gunakan mereka pakai. Salah satu contohnya, nisa sabyan sering kali memakai kaca mata baik berkaca ataupun tidak. Nah, dari situlah penjual online melihat kesempatan untuk produk yang akan mereka jual.


Untuk make up, wahhh banyak banget make up- make up yang bisa pembisnis online jual. Utamanya make up korea yang saat ini menjadi inceran gadis remaja tanah air, dimana mereka berlomba-lomba untuk make up ala-ala korea dengan membeli beberapa make up korea yang sudah banyak dijual di toko-toko online seperti shopee, toko pedia, lazada dan lainnya.

2.    Menjual Mainan

Mainan-mainan anak kecil, saat ini bisa dijadikan bisnis online. Seperti mainan yang lagi tren saat ini slime dan squisy. Jika kita mengambil kesempatan tersebut untuk berbisnis mainan online. Itu adalah kesempatan besar bagi kita. Seperti contohnya, Almeyda Nayara yang merupakan pembisnis cilik yang menjual slime dan squisy secara online. Bahkan omsetnya sudah mencapai 60 juta per bulan.

3.    Menjadi Reseller

Seperti yang saya katakan di atas bahwa menjadi pembisnis online tidak butuh modal besar. Jika modal kita sedikit dan pas-pasan untuk membeli produk yang banyak. Nah, kita bisa menjadi reseller terlebih dulu. Kita bisa mencari penjual yang jujur dengan produk dan harganya.
Kita juga bisa menjual produk dengan brand yang terkenal dimana brand tersebut memiliki banyak konsumen yang membutuhkannya.  Setelah itu,  kita bisa menjualkan produk orang lain terlebih dahulu sampai kita mendapatkan modal yang cukup untuk membeli produk-produk sendiri.

4.    Menjadi Drophipper

Dropshipper adalah cara kedua untuk berbisnis online saat kita kita memiliki dana yang kurang untuk memulai bisnis online. Tenang saja, dropship ini sudah menjadi tren juga di kalangan pembisnis online. Bahkan banyak brand produk yang menawarkan dropshipping. Sistem dropship ini, kita cukup menjual produk orang lain ke pelanggan lainnya dengan mematok harga sesuai dengan keinginan kita sendiri sebagai keuntungan kita berbisnis online. Tidak hanya, sebagai dropshipper, kita juga bisa menjual produk atas nama brand kita sendiri sebagai pengirim ke pembeli. Menarik, bukan?

5.    Menjual Produk Kita di Online Marketplace

Online marketplace yang biasa disebut toko online seperti lazada dan tokopedia merupakan dua contoh marketplace yang ada di negara kita. Untuk memperluas jaringan produk yang kita jual, kita dapat beralih ke online marketplace untuk berbisnis online. Kita dapat menjual barang apa saja di sana dan meletakkannya sesuai dengan kategori.  Dari marketplace tersebut, kita tidak perlu repot-repot mempromosikan produk kita karena saat konsumen mencari sebuah produk maka dengan otomatis produk kita juga akan muncul.

6.    Menjual Produk Digital

Produk digital bisa dijual? Tentunya, produk digital bisa dijual secara online seperti ebook, template, software dan produk digital lainnya.  Kita dapat memanfaatkan marketplace sebagai pasar online kita untuk menjual produk digital tersebut. Karena, dari pengamatan banyak sekali konsumen-konsumen yang mengincar peoduk digital saat ini. Hal itu akan menjadi sebuah kesempatan bagi kita untuk memulai bisnis online dari sekarang.

Nah, itulah beberapa ide-ide bisnis online yang bisa menjadi referensi kalian semua untuk memulai bisnis online dari saat ini. Semoga ide-ide bisnis online di atas dapat bermanfaat untuk kita semua yaa. Aamiin....

Dapatkan Update Terbaru