Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status 6 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa yang Paling Banyak Diminati - duniamanajemen.com 6 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa yang Paling Banyak Diminati - DUNIA MANAJEMEN

6 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa yang Paling Banyak Diminati

Dunia Manajemen - Menjadi mahasiswa adalah hal yang harus siap dengan berbagi tantangan kehidupan nyata. Terutama mahasiswa yang kos ataupun maupun non-kos. Dimana kendala pertama dalam permasalahan mahasiswa adalah biaya kuliah atau biaya lainnya. Iya, kendalanya ada pada biaya. Memang, menjadi mahasiswa bukan berarti orang tua lepas tanggung jawab, melainkan di situ orang tua memiliki tanggung jawab besar. Tapi, sebagai mahasiswa kita pasti punya rasa tidak nyaman untuk terus minta uang saku atau biaya kuliah ke orang tua terus-menerus. Pasti ada rasa malu, apalagi kita bukan anak tunggal melainkan mempunyai beberapa adik yang juga harus dibiayai sekolahnya oleh orang tua kita.
bisnis untuk mahasiswa
Disitulah, jiwa kemahasiswaan kita dipanggil. Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk kreatif dan inovatif, tidak hanya mengandalkan orang lain namun kita harus dapat mengandalakan diri kita sendiri. Mengolah pikiran kita untuk berbeda dengan yang lainnya. Membentuk pribadi kita menjadi pribadi yang ulet dan tekun, belajar sedini mungkin. Maka dari itu, sebagai mahasiswa kita dituntut untuk dapat menghadapi tantangan masa depan.

Nah, dari penjelasan di atas. Tentunya mahasiswa juga gemar untuk berbisnis kan? Mulai dari bisnis kecil hingga bisnis yang keuntungannya lumayan besar. Iya, berbisnis adalah salah satu jalan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka. Belajar untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, tak hanya bermodal teori saat lulus kuliah namun juga berbekal pengalaman nyata.
Berbisnis sambil kuliah bukanlah jalan yang buruk, meskipun ada beberapa resiko yang harus dihadapi. Jangankan berbisnis, tidurpun yang merupakan aktifitas ternyaman masih memiliki resiko, resiko kemalingan, kebakaran, dan lainnya.

Apalagi menjalankan bisnis bagi mahasiswa yang bermodal pas-passan. Di situlah kita akan mengenal real life yang sebenarnya. Berbisnis pun tidak begitu merugikan bagi mahasiswa, karena kita dapat membantu meringankan beban orang tua kita. Syukur-syukur kalau kita tekun menjalankan bisnis kita, sekecil papun bisnis itu, kita pasti bisa memberikan sebagian keuntungan kita kepada orang tua. Emejing kan?

Bisnis untuk mahasiswa memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah memiliki pengalaman kerja sejak dini dan bertambahnya uang saku. Saat mahasiswa sudah memiliki pengalaman kerja, dia pasti akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Jikapun tidak ingin bekerja, dia juga dapat mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar dan lenih luas lagi jangkauannya. Tidak ada ruginya memulai bisnis sedini mungkin bagi mahasiswa, karena keuntungan yang kita dapatkan otomatis akan kembali ke diri kita sendiri.

Berikut adalah beberapa bisnis yang cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa baik semester baru ataupun tingkat akhir:

1.    Jualan Pulsa Elektronik

Zaman sekarang siapa yang tidak butuh pulsa? Dari kalangan muda hingga kalangan tua semuanya membutuhkan pulsa. Karena hampir sebagian orang sudah melek tekhnologi dan mulai menggunakan handphone genggam. Salah satunya kebutuhan pulsa yang semakin meningkat dan dicari-cari oleh orang lain. Berjualan pulsa tidak butuh modal yang sangat besar, kita hanya membutuhkan modal awal 100 ribu dan dari situ sebulan kita dapat memperoleh keuntungan 50 ribu bahkan lebih jika kita tekun menjalankannya. Cara jualannya mudah, kita bisa jual kapanpun dan dimanapun. Tapi, resiko terbesarnya adalah banyak yang ngutang terutama teman-teman yang kita kenal. Jangan menyerah di situ, memberikan hutang pulsa memang menjadi hal lumrah, tetapi disamping itu kita harus pandai managerial agar kita tidak kecolongan, modal habis tapi hutang belum ada yang bayar. Memang, kita harus menjadi pemaksa saat berjualan pulsa, kita beri mereka tenggang waktu untuk membayar maksimal 3 hari agar kita tidak kecolongan dan gulung tikar.

2.    Jual Kuota Internet dan Token Listrik

Jual kuota internet sama halnya dengan jual pulsa, tapi ada beberapa agen pulsa yang membedakan penjualan kuota internet dan pulsa. Saat berjualan pulsa, maka agen pulsa akan otomatis bisa menjual kuota internet dan token listrik, tapi masih sedikit orang yang menjual kuota internet dan token listrik. Maka dari itu, bisnis ini cocok banget bagi mahasiswa karena  di sekeliling mereka adalah para pemegang android yang akdang non-stop bermain sosmed atau lainnya hingga tidak sadar kuota internet mereka habis. Nah, itu kesempatan bagus bagi mahasiswa untuk menawarkan dagangannya. Tentunya harus tetap jujur yaa... jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan. Karena hal tersebut tidak baik.

Berjualan token listrik, juga bisnis yang menguntungkan bagi mahasiswa. Bagi mahasiswa yang kos dan kebetulan di kosnya memakai listik pulsa, itu kesempatan bagus untuk menawarkan dagangannya pada ibu kos dan kos sebelahnya. Setidaknya setiap bulan punya pelanggan 1-3 pelanggan, lumayan kan?

3.    Bisnis Gorengan

Bisnis gorengan sambil kuliah, tidak ada salahnya. Saat kita akan berangkat ke kampus, kita sudah siap dengan box kita yang berisi beberapa gorengan untuk kita jajakan pada teman-teman kita, entah teman kelas atau di luar kelas. Karena, berbisnis gorengan di kampus juga merupakan kesempatan yang bagus. Saat siang hari kita menjajakan jualan kita ke teman-teman kita baik kita kenal ataupun tidak, ataupun kita jajakan gorengan kita ke dosen-dosen kita. Percayalah gorengan kita akan laris manis, karena siang hari adalah jam makan siang kalaupun mereka tidak begitu mengeyangkan, tapi gorengan cukup mengganjal rasa lapar mereka di tengah hari. Jadi, berbisnis gorengan bukanlah yang buruk untuk dipraktekkan bagi mahasiswa. Saat, kita lulus kulaih kita hanya cukup mengembangkannya. Merengkrut karyawan dan membuat gerobak gorengan, kita bisa jual dimana-mana.

4.    Berbisnis Online Shop

Bisnis online shop, saat ini menjadi bisnis paling trend di kalangan mahasiswa. Karena bisnis ini juga dapat membawakan keuntungan banyak bagi penjualnya. Utamanya yang dijual adalah baju, kerudung, rok atau celana, sepatu, tas dan make up atau skin care. Wahh, itu akan menjadi produk yang laris manis di kalangan mahasiswa lainnya. Apalagi produk-produk tersebut dijual dengan harga yang bersahabat dan kualitas tidak mengecewakan, online shop kita akan menjadi langganan. Tidak hanya itu, kita juga bisa menjual produk-produk kita di luar kampus, dengan memanfaatkan sosial media kita dapat membuka lapak kita di sana.

5.    Menjadi Guru Privat

Bisnis les privat juga merupakan bisnis yang keuntungannya lumayan. Tidak hanya itu, kita akan mendapatkan yang luar biasa. Jadi, tidak hanya menguasai teori dengan mengajar les privat kita akan tahu karakter siswa-siswa kita satu-satu. Guru privat adalah jasa yang sangat dibutuhkan oleh para orang tua saat ini, seperti guru ngaji, les bahasa inggris sampai les mata pelajaran lainnya.
Dari bisnis les privat ini, kita akan menghadapi tantang mengajar yang sesungguhnya, dimana saat kita bertugas magang nanti kita tidak begitu terkejut dengan real life siswa di sekolah-sekolah. Kita sudah paham apa yang mereka mau, sehingga kita bisa mengontrol mereka bukan mereka yang mengontrol kita.

6.    Berbisnis Jasa Ketik dan Print Out

Bisnis jasa ketik adalah jasa yang dicari-cari oleh mahasiswa baru khususnya, mereka akan mencari jasa ini untuk mengetikkan makalah mereka. Jasa ini biasanya dicari di awal-awal masuk perkuliahan. Tidak hanya jasa ketik, mereka akan meminta juga dengan jasa print outnya. Ini kesempatan yang bagus bagi kalian yang tengah mencari bisnis yang sangat mudah dijalankan.
Jasa ketik dan print out juga akan banyak dicari ketika memasuki semester 8 atau tingkat akhir, biasanya mahasiswa yang malas mengetik proposal atau skripsi mereka, mereka akan mecari jasa ketik ini untuk menyelesaikan tugas akhir mereka.

Nah, itulah beberapa bisnis yang sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa. Semoga apa yang kami share untuk kalian semua bermanfaat. Aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel