Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Cara Merawat Kesehatan Gigi - duniamanajemen.com Cara Merawat Kesehatan Gigi - DUNIA MANAJEMEN

Cara Merawat Kesehatan Gigi

kesehatan gigi
Bau mulut, gusi bengkak, sariawan, dan gigi berlubang merupakan contoh dari kesehatan gigi yang kurang baik. Padahal, masalah yang terjadi pada gigi dan gusi tidak hanya bikin sulit makan dan juga sulit untuk bicara. Dalam sebuah studi kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik, maka akan mengakibatkan berbagai komplikasi yang cukup membahayakan. Oelh karena itu, disini kami akan memaparkan beberapa tips untuk bagaimana cara kalian untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

1. Jangan sikat gigi terlalu keras
Tujuan dari sikat gigi adalah untuk menghilangkan plak pada gigi. Akan tetapi, ketika kalian menggosok gigi terlalu keras, hal itu akan merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Sehingga mengakibatkan gigi kalian menjadi lebih sensitif. Selain itu juga, bagaimana kalian sikat gigi dengan tidak benar dapat menyebabkan plak pada gigi hingga akhirnya menumpuk dan mengeras, hal ini dapat mengganggu kesehatan gigi dan akan menimbulkan peradangan pada gigi.

2. Sikat gigi sebelum tidur
Mungkin kalian sudah banyak yang tau tentang anjuran untuk menyikat gigi 2 kai sehari, yakni pada saat bangun pagi dan juga malam sebelum tidur. Dengan sikat gigi sebelum tidur, maka akan dapat menghilangkan kuman serta plak yang ada pada gigi kalian yang menumpuk lama sepanjang hari. Selain menyikat gigi, kalian juga dianjurkan untuk menyikat lidah, agar terbebas dari kuman yang menempel pada lidah, agar kesehatan gigi kalian tetap terjaga.

3. Gunakan pasta gigi berfluorida
Fluorida merupakan unsir alami yang dapat kita temukan di dalam banyak hal, seperti air minum dan juga makanan yang kalian konsumsi. Fluorida akan diserah oleh tubuh untuk digunakan sel-sel yang membangun gigi kalian untuk menguatkan apa yang namanya enamel gigi. Perlu kalian tahu, jika fluorida merupakan pertahanan utama terhadap masalah pada gigi yang bekerja dengan memerangi kuman-kuman yang dapat menyebab kerusakan pada gigi, serta dapat melindungi gigi secara alami. Untuk itu, demi kesehatan gigi kalian, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluorida.

4. Tidak merokok
Sesuatu yang terkandung dalam rokok yakni tembakau, dapat menyebabkan gigi jadi kuning dan bibir menghitam. Merokok justru akan meningkatkan risiko kalian terhadap penyakit gusi dan kanker mulut. Dimana hal ini sangant tidak baik untuk kesehatan gigi kalian. Maka dari itu, berhenti merokok saat ini juga.

5. Minum lebih banyak air
Seperti yang kita tahu bahwa air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan kalian secara keseluruhan, termasuk untuk kesehatan mulut kalian. Karena banyak minum air dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif yang ada pada makanan dan minuman yang menempel pada gigi kalian. Dengan meminum air putih, maka secara tidak sadar kalian juga merawat kesehatan gigi kalian agar tetap sehat.

6. Batasi mengkonsumsi makanan yang manis dan asam

Mungkin  kalian sering mendengar kata-kata seperti ini "jangan makan makanan yang manis, nanti bolong giginya". Perlu kalian tahu, makanan yang manis akan diubah menjadi asam oleh bakteri yang ada di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi kalian. Hal inilah yang dapat menyebabkangigi kalian cepat berlubang. Kalian tidak perlu berhenti untuk mengonsumsi makanan yang manis-manis, hanya saja kalian harus mengurangi saja demi kesehatan gigi kalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel