Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

cara menjaga kesehatan ibu hamil saat puasa
Selain menahan lapar dan haus sampai waktu yang telah ditetapkan, puasa saat ibu hamil artinya menjaga asupan makanan atau nutrisi ketika sahur dan juga berbuka. Sebelum kalian (para ibu hamil) memutuskan untuk melaksanakan puasa alangkah baiknya jika dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan kalian sehingga kalian dapat diberi arahan atau saran yang menyangkut dengan kesehatan janin. Apabila kesehatan janin mendukung untuk melaksanakan ibadah puasa, maka puasa dapat kalian lakukan. Dokter dalam hal ini biasanya memberikan sebuah penilaian melalui berat badan, jika berat badan awal kehamilan kalian tidak mencapai 3,5 - 4 kg atau diakhir masa kehamilan kalian masih dibawah 12,5-14 kg maka disarankan kalian untuk tidak melaksanakan puasa, karena dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan janin. Sebagaiibu hamil yang aktif sangat penting untuk menjaga kebugaran agar dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari sehingga dapat terhindar dari rasa lelah yang berlebihan. Dalam melaksanakan puasa, tentu halnya kalian (ibu hamil) untuk menyiapkan energi ekstra untuk memiliki semangat.

Berikut ini adalah tips bagi ibu hamil dalam menjaga kebugaran pada saat berpuasa.

1. Usahakan memilih menu sahur yang memiliki nutrisi yang cukup untuk kebutuhan janin dan dapat menjaga kesehatan kalian dalam melaksanakan puasa
Komposisi yang sangat dianjurkan adalah karbohidrat kompleks, protein baik hewani dan nabati, dan juga lemak. Konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan. Sehingga pencernaan kalian tetap terjaga dan juga lancar.

2. Usahakan makan sedikit dan juga sering

Tidak hanya pada ibu hamil, orang pada umumnya merasakan nafsu makan yang menurun, akibatnya makan sedikit sudah kenyang. Perlu di ingat bagi ibu hamil bahwasanya ada kesehatan janin yang harus senantiasa terjaga, sehingga kalian dapat mengaturnya dengan cara makan dengan porsi sedikit dan sering sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan.

3. Perbanyak minum air putih

Dehidrasi akan terjadi pada siapapun yang berpuasa karena kekurangan minum sepanjang hari. Kalian dapat membaginya dalam berbagai kesempatan. Jika dijumlah maka menjadi 8 gelas, dan ini merupakan kebutuhan air minum kalian (ibu hamil).

4. istirahat yang cukup

Dalam mengatur waktu istirahat merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan janin dan kalian saat berpuasa.

5. Konsumsi vitamin jika diperlukan

Dalam hal ini tidak sembarangan vitamin yang dapat di konsumsi untuk ibu hamil, selain kandungan yang harus di konsultasikan ke dokter, kebutuhan akan porsi vitamin tersebut harus mendapatkan resep dokter. Sehingga kebutuhan akan vitamin dapat bermanfaat maksimal ketika berpuasa baik itu untuk kesehatan kalian sendiri ataupun untuk kesehatan janin.

6. Minum susu khusus ibu hamil

Jika kalian (ibu hamil) minum susu pada pagi hari dan malam hari. Maka ketika berpuasa kalian harus menggantinya dalam minum susu. Kalian bisa meminumnya pada saat sahur dan berbuka. Karena susu khusus ibu hamil sangat baik untuk perkembangan janin kalian.

7. Olahraga yoga ketika menjelang berbuka puasa

Kalian bisa mengurangi intensitas dari biasanya. Bagi kalian yang belum tau gerakan-gerakan yoga, bisa kalian lihat di Youtube. Disana ada banyak variasi gerakan yang khusus untuk ibu hamil.

Sumber: bidanku.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel