Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Tanda-tanda Mata Katarak - duniamanajemen.com Tanda-tanda Mata Katarak - DUNIA MANAJEMEN

Tanda-tanda Mata Katarak

Dalam melihat objek jarak jauh mungkin selama ini Anda memakai kacamata minus. Namun, jka belakangan ini, pandangan Anda tampaknya pandangan Anda semakin kabur saja, lebih khusus ketika malam tiba. Mungkin minus bertambah sebagai penyebabnya menurut Anda, namun ingat bahwa kondisi ini pun merupakan salah satu dari gejala awal katarak.

Banyak orang berpendapat bahwa katarak hanya di alami oleh lansia. Siapa bilang katarak hanya penyakitnya orang tua atau lanjut usia saja? Katarak boleh dibilang merupakan gangguan mata yang tidak pernah kenal usia. Bahkan bayi ataupun anak kecil bisa mengidapnya kalau penyebab kataraknya adalah faktor bawaan.

mata katarak


Kemudian, apa saja ciri-ciri mata katarak itu? Bagaimana kita tahu kalau diri sendiri atau orang lain mungkin menderita gangguan mata yang satu ini? Berikut kami paparkan beberapa ciri-ciri mata katarak:

1. Warna putih di bagian hitam mata

Ciri utama katarak pada mata adalah memutihnya bagian mata, tepatnya pada lensa mata. Lensa mata ini sebenarnya bening atau transparan, akan tetapi jika dari luar akan terlihat hitam. Pada tahap awal memang tidak terlihat nyata, tetapi lambat laun akan terlihat seperti berawan, lalu kemudian putih pekat. Hal yang seperti inilah yang membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan bahkan paling parahnya mengalami kebutaan.

2. Daya lihat saat malam terganggu

Kalau pada siang hari, pandangan tampak normal-normal saja, akan tetapi penglihatan jadi kabur ketika malam tiba, maka bisa jadi ini merupakan salah satu gejala bahwa Anda terkena katarak. Akhirnya, Anda mungkin akan kesulitan dalam menyetir kendaraan pada malam hari.

3. Mata jadi sensitif terhadap cahaya

Ketika mata terkena katarak, maka penglihatan akan menjadi sensitif terhadap cahaya. Ketika Anda terkena sorotan lampu atau blitz kamera, maka mata akan terasa sakit, begitu silau dan Anda akan berusaha untuk menghindarinya.

4. Melihat lingkar cahaya di mana-mana

Adanya gumpalan awan kecil di lensa mata membuat cahaya yang masuk mata jadi menyebar. Hal ini yang membuat Anda melihat lingkar cahaya saat menatap lampu atau sumber cahaya  yang lain. Dan lingkar cahaya ini yang seringkali membuat aksi menyetir pada saat malam hari menjadi terasa sulit dan juga membahayakan.

5. Pandangan jadi ganda

Pandangan menjadi ganda yang di akibatkan oleh menyebarnya cahaya  yang masuk mata jadi ganda. Hasilnya, sebuah objek jadi terlihat menjadi 2 atau lebih. Meski katarak merupakan pemicu utama kondisi ini, namun pandangan ganda juga dapat disebabkan karena gangguan medis lain seperti tumor otak, pembengkakan kornea, sklerosis ganda, ataupun stroke.

6. Sering ganti kacamata

Apakah selama beberapa hari ini Anda terus-menerus membutuhkan kacamata baru karena yang lama tetap kurang jelas ketika Anda kenakan? Hal ini bukan minus atau silinder bertambah yang menjadi penyebab utamanya, melainkan katarak. Bila Anda mengalami hal yang seperti ini, maka segeralah konsultasi ke dokter terdekat Anda. Mata Anda mungkin mengidap katarak atau gangguan lainnya yang membutuhkan perawatan segera.

7. Semuanya terlihat serba kuning

Begitu katarak semakin parah, maka gumpalan protein yang menutupi lensa mungkin akan berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan. Sehingga mengakibatkan semua cahaya yang melalui bagian ini akan memberikan hasil kuning juga. Bila ini sampai terjadi, maka objek yang ada di sekitar Anda akan tampak kuning semuanya.

8. Susah membedakan warna

karena semua terlihat putih ataupun kuning, maka Anda akan kesulitan untuk mengenali warna sebuah objek.

9. Yang bersih jadi tampak kotor

Buramnya pandangan juga dapat membuat gelas yang aslinya bersih, yang Anda lihat seperti kotor ataupun bernoda. Padahal yang bermasalah buka pada gelasnya, akan tetapi pada kualitas daya lihat mata.

10. Butuh cahaya lebih terang saat beraktivitas

Ketika melakukan aktivitas seperti halnya membaca, menjahit, menulis, ataupun membuat kerajinan, mata katarak selalu membutuhkan cahaya yang lebih terang atau posisi lampu yang dekat letaknya.

Sumber: honestdocs.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel