Protected by Copyscape DMCA.com Protection Status DMCA.com Protection Status Sejarah Sistem Pencatatan Double Entry - duniamanajemen.com Sejarah Sistem Pencatatan Double Entry - DUNIA MANAJEMEN

Sejarah Sistem Pencatatan Double Entry

Dalam berbagai literatur akuntansi konvensional banyak ditulis bahwa akuntansi pertama kalinya ditemukan oleh Lucas Pacioli (seorang pendeta Italia) dengan bukunya yang berjudul Summa de Arithmatica, Geometrical, Proportioni et Prportionalita. Buku ini diterbitkan pada tahun 1494 di Florence, Italia. Menurutnya, pencatatan transaksi tidak hanya mencatat pengaruh pada satu perkiraan saja tetapi juga dilakukan pencatatan pada perkiraan lain.

Pada mulanya, akuntansi merupakan catatan-catatan yang disimpan sebagai bagian dari sistem feodal pada abad pertengahan. Tuan-tuan tanah pada masa itu biasanya mengumpulkan pajak dari penduduk, dimana dana ini nantinya akan digunakan untuk keperluan pembangunan wilayahnya, di samping juga untuk kepentingan pribadi. Laporan tentang pemungutan dan perolehan pajak ini biasanya akan dibuat oleh salah satu staf dari tuan tanah tersebut dalam bentuk catatan. Catatan seperti ini juga biasanya dibuat oleh para pedagang yang berniaga ke daerah atau negeri lain, sebagai dasar atau pedoman dalam menghitung besarnya keuntungan yang telah dihasilkan dari kegiatan perdagangannya.

pencatatan double entry

Kalau kita sependapat sesungguhnya praktik pencatatan transaksi sudah ada sejak kehidupan manusia memulai kegiatan ekonomi, maka lain halnya dengan sistem pencatatan akuntansi double entry. Tidaklah jelas apakah sistem pencatatan yang diterapkan pada zaman dahulu kala adalah sistem single entry atau double entry. Menurut Mattessich, sistem pencatatan dengan menggunakan double entry sudah ada sebelum Lucas Pacioli menemukannya. Lucas Pacioli sendiri bahkan dalam bukunya menyatakan bahwa apa yang ditulisnya tentang sistem pencatatan double entry adalah berdasarkan pada metode yang digunakan di Venice, Italia. Ia mengakui bahwa dirinya hanya menuliskan sebuah metode pencatatan pembukuan yang telah ada sejak ratusan tahun sebelumnya, dan sudah digunakan secara umum oleh para pedagang pada masa itu. Lucas Pacioli juga menyatakan bahwa bukan dirinyalah yang menemukan sistem pencatatan atau pembukuan berganda tersebut.

Littleton menyebutkan bahwa seluruh karakteristik dari sistem pencatatan double entry telah dkembangkan lebih dari seratus tahun sebelum buku Lucas Pacioli muncul. Versi lainnya, Peragallo, menyebutkan bahwa orang pertama yang menulis tentang sistem pencatatan double entry adalah Benedetto Cortrugly, dengan bukunya yang berjudul Della Mercatua e del Mercante Perfetto, yang selesai ditulis tahun 1458 (tiga puluh tahun sebelum buku Lucas Pacioli mucul) dan diterbitkan pada tahun 1573. Ada juga pihak yang beranggapan bahwa bahan-bahan mengenai sistem pencatatan double entry sesungguhnya telah ditemukan di Florence (Italia) pada tahun 1211, yaitu 283 tahun sebelum terbitnya buka Pacioli. Sejak tahun itu, berkembanglah sistem pembukuan di Italia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel