Perkembangan Sosial Remaja

Written by
Perkembangan remaja salah satunya di sebabkan oleh perkembangan sosial. Di mana seorang remaja pada saat itu sudah ingin menjadi seorang yang sudah dewasa, tapi dilain pihak ia masih harus terus mengikuti kemuan orang tua. Rasa ketergantungan pada orang tau di kalangan anak-anak Indonesia lebih besar lagi, karena memang dikehendaki demikian oleh orang tua. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh psikologi bangsa Turki bernama C. Kagitcibasi yang meneliti sejumlah 20.403 orang tua dari seluruh dunia (1984). Dalam penelitian itu terbukti bahwa ibu-ibu dari suku Jawa dan Sunda mengharapkan anak mereka agar menuruti orang tuanya. Demikian pula ayah juga berharap yang sama. Harapan itu berbeda keadaannya dari bangsa-bangsa  Korea, Singapura, dan Amerika Serikat. Mereka berharap agar anaknya bisa mandiri.

Pola harapan orang tua Indonesia yang menekankan agar anak selalu menurut pada kedua orang tua mungkin adalah dalam rangka agar anak menjadi orang seperti yang dicita-citakan oleh orang tua. Di antaranya adalah masalah prestasi sekolah yang tinggi. Doa yang selalu orang tua ucapakan untuk anaknya “ semoga anakku menjadi anak yang sholeh/sholeha, diberi kesehatan, kepandaian dan berbakti kepada orang tua”. Sagat jarang orang tua berdoa agar anaknya kreatif atau mandiri, karena hal itu memang bukan nilai utama yang ada di masyaraka Indonesai.

Akan tetapi mengharapkan prestasi sekolah yang tinggi dengan cara mendidik ansk agar menuruti orang tua ternyata adalah tindakan yang kurang tepat, karena menurut penelitian, anak-anak yang berprestasi tinggi di sekolah justru mendapat latihan yang mandiri dan mengurus dirinya sediri pada usia yang lebih awal.
perkembangan sosial remaja

Dari uraian di atas jelaslah bahwa konflik peran yang dapat menimbulkan gejolak emosi dan kesulitan-kesulitan lain pada masa remaja dapat dikurangi dengan memberi latihan-latihan agar anak dapat mandiri sedini mungkin. Dengan keman    diriannya, anak dapat memilih jalannya sendiri dan ia akan berkembang lebih mantap. Ia tahu dengan tepat saat-saat yang berbahaya di mana ia harus kembali berkonsultasi dengan orang tuanya atau dengan orang dewasa lain yang lebih tahu dari dirinya sendiri.
SHOW or HIDE COMMENT
close