Konsep Kaizen

Written by
pengertian kaizen
Kaizen adalah istilah dalam bahasa Jepang yang memiliki arti "perbaikan berkesinambungan". Sebuah Filsafat kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus. Pada praktiknya di dalam sebuah perusahaan, kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

Konsep
Kaizen dan Manajemen
Dalam kaizen manajemen memiliki dua fungsi utama:
1. Pemeliharaan. Kegiatan pemeliharaan teknologi, sistem manajemen, dan standar operasional yang ada sekaligus menjaga standar tersebut melalui pelatihan serta disiplin dengan tujuan agar semua karyawan dapat mematuhi prosedur pengoperasian standar yang telah di tetapkan.
2. Perbaikan. Kegiatan yang diarahkan pada meningkatkan standar yang ada.

Kedua fungsi ini disimpilkan sebagai pemeliharaan dan perbaikan standar. Perbaikan ini dapat dibagi menjadi kaizen dan inovasi. Kaizen memiliki sifat perbaikan kecil yang berlangsung oleh upaya berkesinambungan, sedangkan inovasi merupakan perbaikan secara drastis sebagai hasil dari investasi sumber daya berjumlah besar dalam teknologi atau peralatan. Kaizen juga berupaya menekankan pada upaya manusia, moral, komunikasi, pelatihan, kerja sama, permberdayaan dan disiplin diri, yang merupakan pendekatan peningkatan berdasarkan akal sehat, berbiaya rendah.

Komitmen kualitas
Sasaran kaizen adalah terpercayanya kulitas, biaya, distribusi, sehingga pada prakteknya kaizen menempatkan kualitas pada prioritas tertinggi. Kaizen mengajarkan bahwa perusahaan tidak akan mampu bersaing jika kualitas produk dan pelayanannya tidak memadai, sehingga komitmen manajemen terhadap kualitas sangat dibutuhkan dijunjung tinggi. Kualitas yang dimaksud bukan sekedar kualits produk melainkan termasuk kualitas proses yang ditempuh dalam menghasilkan produknya.

Orientasi Proses
Kaizen menekankan bahwa tahap pemprosesan dalam perusahaan harus disempurnakan agar hasil dapat meningkat, sehingga dapat disimpulkan bahwa filsafat ini mengutamakan proses. Dalam kaizen telah dipercaya bahwa jika proses yang baik akan memberikan hasil yang baik pula.
SHOW or HIDE COMMENT
close