Sejarah SIngkat Akuntansi

Written by
Permulaan akuntansi selalau dihubungi dengan hasil kerja lucu pacioli seorang ahli matematika renaissance italia. Lucu pacioli merupakan sahabat dekat dan guru bagi leonardo da vinci. Dalam bukunya summa de arithmetica, geometria, proportione et proprotionalite, tahun 1494 luca pacioli menjelaskan sebuah sistem untuk menjamin bahwa informasi keuangan dicatat secara efisien dan akurat.


Dalam sistem akuntansi ini dikenal sistem akuntansi berpasangan di mana setiap transaksi selalu memengaruhi dua akun atau lebih dalam laporan keuangan, sebagai sisi depat dan sisi kredit. Cara ini tentu saja menjadi lebih kompleks dibanding dengan sistem pencatatan tunggal yang hanya berupa daftar transaksi. Namun demikian, nanti tahun 1600-an  baru mulai dikenal adanay laporan keuangan.
Dengan kedatangan revolusi industri aba ke-18 dan kemudian bertumbuhnya industri besar, pemisahan pemilik dan menejer bisnis  mulai terjadi. Akibatnya kebutuhan atas pelaporan keuangan untuk perusahaan menjadi lebih penting, untuj meyakinkan bahwa manajer bertindak sesuai dengan keinginan pemilik. Juga, transaksi antara perusahaan menjadi lebih kompleks, memerlukan peningkatan pendekatan untuk melaporkan informasi keuangan.

Dunia industri saat ini sudah memasuki abad informasi yang ditandai dengan banyaknya produk jasa informasi. Salah satunyaa adalah jasa informasi akuntansi. Komputer telah mendorong lahirnya aba informasi ini.

Sampai pasca-kemerdekaan 1945, perusahaan-perusahaan di indonesia menggunakan tata buku yang merupakan sistem akuntansi versi belanda pada waktu itu. Akutansi sangant luas ruang lingkupnya, di antaranya menyangkut teknik pembukuan dan jenis informasi yang harus disajikan. Setelah tahun 1960-an akuntansi cara amerika mulai diperkenalkan di indonesia. Sistem akuntansi ini sekarang dipakai dan konsepnya berkembang sesuai dengan tuntutan dunia usaha di indonesia.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close