Perubahan di Madrasah

Written by


Pengertian perubahan dapat dilihat dari beberapa pendapat para ahli. Menurut Neni Nurmayanti, perubahan adalah sesuatu yang unik karena perubahan-perubahan yang terjadi dalam berbagai kehidupan itu berbeda-beda dan tidak bisa disamakan, walaupun memiliki beberapa persamaan dalam prosesnya. Menurut Russel Swanburg perubahan merupakan kunci inovasi dan kunci yang akan datang yang dasarnya adalah teori perubahan.

Sedangkan menurut Mujammil Qomar perubahan adalah proses alamiah yang suatu ketika harus terjadi baik disadari atau tidak, karena merupakan sesuatu dinamika. Namun tidak semua perubahan membawa kemaslahatan. Adakalanya perubahan justru malah menjadi malapetaka dalam kehidupan organisasi. Oleh karena itu manajer pendidikan islam harus mampu mengelola perubahan agar mengarah pada upaya dan orientasi penyempurnaan yang terkendali.

Perubahan dapat pula diartikan sebagai pergantian keadaan dari yang lama ke yang baru. Perubahan ini dilakukan dengan cara mentransformasikan beberapa elemen penting organisasi sehingga merubah cara berfikir orang, merubah prosedur organisasi, bergantinya alat-alat dan segala macam hal yang tujuannya untuk merubah hasil kerja.

Sedangkan pengertian madrasah berasal dari bahasa Arab yaitu madrasah yang artinya tempat untuk belajar atau sistem pendidikan klasikal yang didalamnya berlangsung proses belajar mengajar dengan materi-materi kajian yang terdiri dari ilmu-ilmu agama dan umum.

Maka dapat kami simpulkan dari beberapa definisi diatas perubahan di madrasah merupakan proses yang harus dijalani secara alamiah dan terencana yang dilakukan oleh seorang manajer maupun stakeholders didalamnya yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dari madrasah itu sendiri. Setiap perubahan yang terjadi hendaknya mengarah pada pembaharuan. Kegiatan pembaharuan ini dapat dilakukan dengan melakukan pembenahan-pembenahan madrasah guna mencapai hasil yang lebih baik daripada hasil yang sebelumnya sehingga parameter yang digunakan adalah efektivitas dan efesiensi.

SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close