Pengertian Perubahan



Didalam buku karangan Mujammil Qomar yang berjudul Manajemen Pendidikan Islam menyatakan bahwa perubahan adalah proses alamiah yang suatu ketika harus terjadi, baik disadari atau tidak, Karena merupakan suatu dinamika. Namun tidak semuanya perubahan membawa kemaslahatan. Adakalanya perubahan justru menjadi malapetaka dalam kehidupan organisasi. Oleh karena itu, manajer pendidikan islam harus mampu mengelola perubahan agar mengarah pada upaya dan orientasi penyempurnaan terkendali.

Setiap perubahan hendaknya mengarah pada pembaruan. Kegiatan pembaruan pendidikan, misalnya senantiasa berupaya melakukan pembenahan-pembenahan pendidikan guna mencapai hasil yang lebih baik  daripada hasil-hasil sebelumnya sehingga ukuran yang digunakan adalah efektivitas dan efisiensi. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengefektifkan dan mengefisiensikan pelaksanaan pendidikan.

Didalam bukunya yang mengutip dari Nursyam menyatakan bahwa perubahan terjadi karena adanya beberapa hal, yaitu inovasi yang datang dari dalam maupun dari luar, motivasi kuat untuk berubah, dan penerapan skenario perubahan.

Perubahan dapat terjadi dalam bentuk perubahan ynag direncanakan atau tanpa perencanaan, perubahan yang direncanakan bisa terjadi karena dorongan para pemimpin, faktor internal organisasi, maupun akibat dorongan perkembangan lingkungan yang terjadi pada iklim stabil. Adapun perubahan yang tidak direncanakan bisa terjadi karena ketidakpuasan para anggota organisasi terhadap situasi yang ada yang terjadi pada kondisi yang tidak stabil yang dapat menimbulkan konflik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel