Pengertian Pendidikan dan Pembangunan Masyarakat

Pendidikan semua adalah satu konsep yang seharusnya diwujudkan dalam kehidupan kita. Hal ini terkait dengan berbagai upaya untuk menciptakan kondisi kehidupan yang lebih baik dan kondusif. Kita tidak dapat menutup kenyataan bahwa pendidikan telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Dengan adanya pendidikan, wajah dunia dan kehidupannya dapat terus berubah menuju kondisi terbaik.

Ditinjau dari segi hukum, definisi pendidikan berdasarkan undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas, pasal 1 ayat (1), yaitu “ pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecedasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.”  Potensi otak manusia yang digunakan untuk berfikir baru 4% jadi, masih 96% dari otak kita belum digunakan untuk berfikir.

Jadi pendidikan merupakan usaha sadar yang dimiliki seseorang dengan tujuan untuk memanusiakan manusia.

Teori pembangunan masyarakat merupakan ungkapan mengenai hubungan kausal (sebab akibat) yang logis diantara berbagai gejala/perubahan (variabel) dalam bidang tertentu (ex. Pembangunan) sehingga teori dapat digunakan sebagai kerangka berfikir (frame of thinking) dalam memahami serta menanggapi permasalahan yang timbul dalam bidang tertentu. Teori dapat dianggap batal/gagal karena tidak terbukti/teruji kebenarannya.

Menurut PBB: Pembangunan Masyarakat/Pembangunan Komunitas adalah suatu proses melalui usaha dan prakarsa masyarakat sendiri maupun kegiatan pemerintahan dalam rangka memperbaiki kondisi ekonomi, sosial dan budaya. Pembangunan adalah proses perubahan dari suatu kondisi tertentu ke kondisi yang lebih baik. Awal tahun 1951 Pembangunan Masyarakat dimaknai sebagai pendidikan, karena dengan pendidikan diharapkan dapat terwujudnya pembangunan bagi masyarakat. Proses Pembangunan Masyarakat:

1.    Rendahnya modal finansial
2.    Minimnya sarana infrastruktur (jalan, sarana transport)
3.    Rendahnya kesadaran masyarakat (kedisiplinan kurang)
4.    Rendahnya kualitas SDM
5.     Rendahnya komunikasi, informasi dan koordinasi
6.    Berkurangnya tokoh panutan (tokoh masyarakat).

Akan tetapi tidak setiap perubahan dapat disebut pembangunan • Maka yang benar adalah: Penjelasan: Perubahan Jadi: Perubahan Pembangunan  Perubahan dari kondisi tertentu kekondisi yang lebih baik atau ke arah positif  disebut pembangunan. Dari kondisi tertentu ke kondisi tidak baik atau ke arah negatif  disebut perusakan, bencana, dll. Pembangunan Masyarakat merupakan proses perubahan yang disengaja dan terarah. Pembangunan Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup warga masyarakat.

Teori pembangunan
  1. Teori Modernisasi sebuah negara mengakui bahwa negara berjalan secara linear dari tradisional menuju kearah modernisasi.
  2. Teori Ketergantungan meyakini bahwa sebuah negara tidak akan lepas dari negara lain.
  3. Teori Pasca Ketergantungan negara yang kecil dimungkinkan lepas dari negara adidaya melejit sendiri
  4. Teori Alternatif berharap negara-negara yang selama ini saling berkompetisi dalam hal persenjataan bergerak seakan-akan tidak ada perang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel