Pengertian Emosi

Written by


Emosi adalah perasaan subjektif yang kompleks sebagai reaksi-kognitif dan fisiologis atas suatu pengalaman yang memengaruhi sikap dan perilaku. Emosi merupakan suatu perasaan yang kompleks bisa berupa perasaaan senang, tidak senang, atas netral (perasaan yang biasa-biasa saja). Emosi juga mempunyai elemen kognitif atau pengenalan. Akan tetapi, elemen kognitif emosi seseorang pada masa lalu bisa juga meningkat.

Emosi mempunyai fungsi yang penting bagi manusia. Fungsi-fungsi tersebut antara lain sebagai berikut:
1.    Menyiapkan orang untuk bertindak
2.    Membentuk perilaku orang dikemudian hari
3.    Membantu mengatur interaksi sosial

Oleh karena itu, emosi harus dimanajemeni agar bisa menciptakan solusi konflik yang menguntungkan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memanajemeni emosi, yaitu:

1)    Mengontrol emosi
Kemarahan bersumber pada emosi yang meningkat dan tidak terkontrol. Pengontrolan emosi perlu dilakukan, yaitu mengontrol emosi diri sendiri dan emosi lawan konflik. Untuk itu diperlukan  suatu kecerdasan emosional. Menurut Daniel Goliman (1996), kecerdasan emosional mempunyai lima dimensi antara lain:
a.    Mengenali emosi diri
b.    Mengelola emosi
c.    Memotivasi diri sendiri
d.    Mengenali emosi orang lain
e.    Membina hubungan

2)    Mengakui dan memahami emosi dari pihak yang terlibat dan emosi lawan.
Mengumpulkan informasi dan menganalisis pihak yang terlibat. Karena emosi dapat menjadi orang marah, khawatir, dan takut.

Namun demikian, bisa memulai reaksi emosional dengan proses internal seperti “Imagery”. Para atlit sering menggunakan “Imagery”, “to psych themselves” kedalam keadaan emosional yang diinginkan. Emosi diiringi oleh perubahan phisiologis (Phisyological change). Beberapa perubahan karakteristik, antara lain:
1.    Biji mata membesar (eye pupil dilation)
2.    Keluarnya keringat yang banyak
3.    Lebih cepat bernafas (terengah-engah)
4.    Meningkatkan tekanan darah
5.    Meningkatkan kadar gula darah

Fitur karakteristik lainnya dari pengalaman emosional ialah pemikiran kognitif. Emosi umumnya, walaupun tidak perlu, diiringi dengan pemikiran. Jenis pemikiran dan kemampuan berfikir secara rasional bervariasi dengan jenis dan tingkatan emosi.
SHOW or HIDE COMMENT
close