Komunikasi Adalah

Written by
Suatu kecakapan utama yang disyaratkan bagi seseorang manajer adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Memperoleh pengertian kebijakan-kebijakan, menjaga bahwa instruksi-instruksi dimengerti dengan jelas dan mengusahakan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan, semua itu tergantung dari komunikasi yang efektif. Manajer yang tidak mampu menyampaikan pekerjaan apa yang dilakukan, tidak akan berhasil untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebaliknya, jika para pegawai tidak mampu berkomunikasi dengan bebas dengan seorang manajer, maka informasi yang diperlukan untuk mengelola dengan berhasil, akan terhalang. Komunikasi adalah sebuah prasarana dengan mana seorang manajer diperlengkapkan ia bukanlah suatu kegiatan yang berdiri sendiri, tetapi suatu bagian utama dari hamper semua hal yang dilakukan manajer itu.



Banyak pendapat dari bebagai pakar mengenai definisi komunikasi, namun jika diperhatikan dengan seksama dari berbagai pendapat tersebut mempunyai maksud yang hamper sama. Menurut M. Sobry Sutikno komunikasi adalah proses penyampaian pesan informasi dari suatu pihak kepihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya.

Menurut Hardjana, sebagaimana dikuti oleh Endang Lestari G secara etismologis komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu cum, sebuah kata depan yang artinya dengan, atau bersama dengan, dan kata umus, sebuah kata bilangan yang berarti satu. Dua kata tersebut membentuk kata benda communion, yang dalam bahasa Inggris disebut communication, yang mempunyai makna kebersamaan, persatuan, persekutuan, gabungan, pergaulan, atau hubungan. Karena untuk ber-communio diperlukan adanya usaha dan kerja, maka kata kerja communicare yang berarti membagi sesuatu dengan seseorang, tukar menukar, membicarakan sesuatu dengan orang, memberitahukan sesuatu kepada seseorang, bercakap-cakap, bertukar pikiran, berhubungan, atau berteman.

The Liang Gie mengemukakan komunikasi adalah penyampaian warta yang mengandung macam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain. Dengan kata lain, komunikasi merupakan proses penyampaian pikiran, informasi, peraturan, atau instuksi agar terjado pemahaman sehingga memberikan hal tindakan atau umpan balik yang efektif

Jadi, Komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba saling pengertianyang mendalam.
SHOW or HIDE COMMENT
close