Teknologi Perkantoran

Written by
Teknologi informasi semakin hari semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Para pengguna informasi semakin mudah memperoleh informasi  sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi dengan  perkembangan sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana  informasi yang memadai.



Teknologi sangat mendukung segala aktifitas manusia dalam berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang Perkantoran yang akan dibahas dalam makalah saya kali ini. Dalam suatu Perkantoran di manapun selalu bersangkutan dengan aktifitas informasi, baik dari segi data yang masuk kemudian dilanjutkan pada pemrosesan data informasi hingga penginformasian data yang telah diolah.

Manajemen perkantoran adalah rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan hingga penyelenggaraan terhadap suatu hal berjalan hingga berjalan tertib. Dalam perkantoran modern segala kegiatan manajemen perkantoran dikerjakan dengan menggunakan alat-alat otomasi perkantoran, diantaranya adalah perangkat komputer dengan berbagai software yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan perkantoran, perangkat komunikasi yang memadai, kantor virtual, organisasi virtual,dan lain-lain.

Sistem informasi teknologi dibutuhkan dalam manajemen perkantoran modern dalam menjalankan aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala transaksi yang terjadi dalam kegiatan perkantoran tersebut, selain itu juga untuk mengolah data-data transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih berguna berbentuk laporan.Sistem tersebut bejalan dan berkembang didalam perkantoran dan merupakan sumber daya konseptual sangat penting untuk mendukung berlangsungnya aktifitas perkantoran.

Salah satu perkembangan dalam bidang informasi perkantoran adalah dengan banyaknya sistem kerja kantor yang menggunakan teknologi pemrosesan data ataupun sistem jaringan untuk publikasi informasi dari perusahaan tersebut. Seluruh perusahaan pasti menggunakan teknologi terutama teknologi computer.

Komputer merupakan komponen/unsur penting dalam kelancaran kegiatan suatu perusahaan. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi maka itu sangat memudahkan semua kegiatan perusahaan.

Kantor adalah tempat dan proses penanganan informasi. Dari pengertian ini dapat dipahami bahwa pekerjaan kantor adalah semua kegiatan yang bertalian dengan penanganan informasi yang berkaitan dengan bidang tugas dari kantor/instansi yang bersangkutan. Moekijat, mendefinisikan kantor sebagai tempat dimana pekerjaan tata usaha dilakukan. Yang dimaksud tempat adalah ruangan, gedung, kompleks, serta perabot dan perlengkapannya, seperti mesin – mesin kantor dan perlengkapan lainnya yang mendukung aktivitas kerja. Dengan demikian, perkantoran dapat didefinisikan sebagai segala hal atau sebagai sesuatu yang berkenaan dengan kantor, baik sebagai tempat maupun sebagai aktifitas yang terjadi didalamnya. Manajemen perkantoran sebagaimana dalam bukunya Administrasi Perkantoran  adalah penjurusan dan pengawasan sebuah kantor untuk mencapai tujuannya yang khusus dengan cara yang sehemat-hematnya.

Secara etimologis sebagai mana dalam kamus besar bahasa Indonesia, teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis Sedangan Informasi adalah keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat tersebut .

Teknologi informasi perkantoran itu sendiri adalah peralatan bantu untuk manusia dalam melakukan tugasnya dalam kegiatan administrasi Kegiatan tersebut antara lain seperti mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan – bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin – mesin kantor.

Dari pengertian diatas pemakalah menyimpulkan bahwa teknologi informasi perkantoran berkaitan dengan penggunaan peralatan dan mesin mesin atau teknologi untuk membantu manusia dalam melaksanakan perkerjaan administrasi yang dilakukan di kantor.

Dalam kaitan dengan adanya kemajuan teknolologi, dalam bidang informasi kita kenal teknologi informasi. Teknologi informasi dapat diartikan sebagai  perolehan, pemprosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi baik yang berbentuk angka huruf, gambar maupun suara dengan suatu alat electronics berdasarkan kombinasi antara perhitungan (computing) dan komunikasi jarak jauh (telecomunications).

Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu komputer, mikro elektronik, dan telekomunikasi.
  1. Komputer, yakni mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas yang besar dan sangat cepat.
  2. Mikro elektronik, yaitu rancang bangun (design) penerapan dan produksi dariperalatan elektronik yang berukuran sangat kecil, terdiri atas komponen-komponen yang rumit.
  3. Telekomunikasi adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio.

SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close