Proses Komunikasi

Written by
Komunikasi merupakan suatu proses yang terdiri dari suatu rangkaian yang saling berhubungan dengan tujuan akhir mempengaruhi perilaku, sikap, dan kepercayaan. Proses komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari pengirim kepada penerima, menggunakan isyarat tangan, atau menggunakan sarana komunikasi tertentu lainnya.



Proses komunikasi  meliputi;
  1. Pengirim (sender), proses komunikasi diawali oleh pengirim sebagai sumber pesan. Pengirim, dalam kerangka keorganisasian dapat berupa karyawan biasa, manajer atau pihak luar yang memberikan gagasan, maksud, informasi dan bertujuan mengadakan komunikasi.
  2. Penyandian (encoding), proses selanjutnya adalah penyandian. Penyandian itu perlu karena inforamasi hanya dapat dikirimkan dari seorang kepada orang lain lewat perwakilan atau sandi. Bentuk utama dari sandi adalah bahasa. Misalnya, informasi keuangan, laporan penjualan, dan data komputer diterjemahkan ke dalam sebuah pesan.
  3. Saluran komunikasi (communication chanef), pesan yang telah dibuat melalui sandi-sandi kemudian dikirim kepada penerima. Fungsi saluran komunikasi disini adalah sebagai alat menyampaikan pesan bisa menggunakan berbagai macam cara yaitu tatap muka, pertemuan kelompok  dan lain sebagainya.
  4. Pengartian sandi (decoding), pesan yang diterima kemuadian diinterpretasikan dan diterjemahkan kedalam informasi yang mempunyai arti. Proses ini dilakukan dengan dua cara, pertama penerima harus menerima, kemudian mengartikannya.
  5. Penerima (receiver), bila pesan tidak sampai pada penerima, maka komunikasi itu belum terjadi. Artinya, pesan yang dikirimkan harus diterima baik (dipahami) oleh penerima. Oleh karena itu pesan yang diterima harus jelas kepada siapa pesan itu ditujukan.
  6. Umpan balik (feedback), sebuah rangkaian umpan balik memberi saluran bagi tanggapan penerima yang memungkinkan sender untuk menentukan apakah pesan telah diterima dan menghasilkan tanggapan yang dimaksudkan.
  7. Kegaduhan (noise), dalam setiap proses komunikasi, kegaduhan atau kendala-kendala dalam berkomunikasi akan selalu ada. Gangguan dapat timbul dari saluran komunikasi, atau metode pengiriman seperti udara dan kertas. 
Dengan berbagai proses komunikasi yang dijelaskan diatas diharapkan proses komunikasi tersebut mencapai hasil yang efektif. Komunikasi efektif sangat penting dalam sebuah kantor. Kemampuan komunikasi yang efektif akan menimbulkan:
  1. Rasa percaya diri, kredibilitas, dan kompetensi
  2. Mengurangi kesalah pahaman dan kebingungan
  3. Menghemat waktu semua orang
  4. Membantu menegosiasikan posisi dalam hal proyek dan anggaran.

SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close