Peranan Pendidikan Umum dan pendidikan Agama di sekolah

Written by
Berbicara tentang peranan pendidikan umum adalah berbicara tentang tugas yang diemban oleh pendidikan umum atau peran pendidikan umum terhadap bidang-bidang lain atau non pendidikan-pendidikan pada umumnya. Seperti apa yang dikatakan oleh Rohman  Natawidjaya (seminar cakrawala pendidikan umum, 1998;10) bahwa di dalam mencapai konstruksi pendidikan umum dan upaya pencapaian tujuan. Maka perlu dipahami dulu tentang:

1.    Pendidikan umum sebagai ilmu
2.    Pendidikan umum sebagai jenis pendidikan
3.    Pendidikan umum sebagai program pendidikan
4.    Pendidikan umum sebagai program studi.

Dengan demikian, karena dimensi pendidikan umum sangat luas,maka potensi diri manusia yang terdiri dari kogntif, afektif, psikomotor harus dikembangkan secara serasi dan seimbang.

Berbicara tentang pendidikan Agama yaitu pendidikan yang mepersiapkan peserta didik untuk dapat menjelaskan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama atau menjadi ahli ilmu agama dan mengamalkan ajaran agamanya. (PP-55-07/2).  Jadi pendidikan agama merupakan mata pelajaran disekolah untuk menjadi dasar atau pondasi seseorang agar tidak berbuat sesuatu yang negative. Maka di sekolah Negeri (SD, SMP,SMK dan sederajat) juga membutuhkan pelajaran agama yang bisa  member penjelasan tentang akhlakul karimah terhadap siswa.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close