Pengertian Kausalitas

Written by
Causal menurut kamus logika adalah batasan yang menyatakan bagaimana sesuatu  hal terjadi atau diciptakan. Misalnya awan adalah uap air yang terkumpul di udara karena penyinaran laut oleh matahari.  Causalitas berarti hubungan sebab akibat.

Keyakinan manusia akan hukum kausalitas sudah ada sejak zaman kuno. Bahwa tidak ada satu pun peristiwa terjadi secara kebetulan, melainkan semuanya mempunyai sebab yang mendahuluinya, dapat kita telusuri sejak peradaban manusia tercatat dalam sejarah. Bukti itu dapat kita temui pada abad kelima sebelum Masehi, yaitu pada ucapan seorang filosof Yunani Leocipos: Nihil fit sine causa (tidak ada satu pun peristiwa yang tidak mempunyai sebab). Namun demikian tidak berarti jauh sebelumnya manusia belum mengenal peristiwa sebab akibat. Dokter-dokter zaman Firaun tidak mungkin dapat mengobati penyakit kecuali mereka memiliki pengetahuan sebab akibat.

Sebab sebagai sesuatu yang melahirkan akibat mempunyai banyak pengertian. Kita mengenal ada sebab yang mesti (necessary causa) dan sebab yang menjadikan (sufficient causa).

Sebab yang mesti adalah suatu keadaan bila tidak ada maka akibatnya tidak akan terjadi. Adapun sebab yang menjadikan adalah sesuatu yang adanya menyebabkan akibat lahir, sedangkan tidak adanya juga akibat tidak mungkin terlaksana. Dengan kata lain sebab yang menjadikan adalah sesuatu yang ada atau tidaknya menentukan ada dan tidaknya akibat.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close