Masyarakat adalah

Written by
Dalam Bahasa Inggris disebut society, asal katanya socius yang berarti “kawan”. Kata “Masyarakat” berasal dari bahasa arab, yaitu Syiek, artinya “bergaul”. Adanya saling bergaul ini tentu karena ada bentuk-bentuk akhiran hidup, yang bukan disebabkan oleh manusia sebagai pribadi melainkan oleh unsur-unsur kekuatan lain dalam lingkungan sosial yang merupakan kesatuan.


Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu system adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu, dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama.
Dikatakan masyarakat apabila memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Adanya sekumpulan orang.
  2. Manusia tersebut bermukim pada wilayah yang sama dan tertentu dalam jangka waktu yang relatif lama (cukup untuk menghasilkan beberapa generasi).
  3. Akibat dari hidup di tempat tertentu dalam jangka waktu yang lama tersebut akan menghasilkan pola-pola kelakuan yang sering disebut kebudayaan, seperti sistem nilai, sistem ilmu pengetahuan, dan benda-benda material.
Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul dan berinteraksi, mendiami suatu tempat dalam jangka waktu yang lama sehingga menghasilkan kebudayaan.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close