Komunikasi Perkantoran

Written by
Komunikasi merupakan bagian dari kehidupan manusia sehari-hari, karena sejak dilahirkan manusia sudah berkomunikasi dengan lingkungannya. Orang yang terlibat dalam komunikasi harus memiliki kesamaan makna mengenai apa yang disampaikan. Bila tidak ada kesamaan makna berarti tidak akan terjadi komunikasi.


Komunikasi menjadi hal yang penting dalam sebuah organisasi perkantoran.  Tanpa adanya komunikasi maka khawatir organisasi akan mandek karena orang-orang didalamnya tidak akan menjalankan tugasnya dengan baik tanpa adanya komunikasi.

Kegiatan komunikasi pada prinsipnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan. Komunikasi secara sederhana merupakan kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi dari satu pihak kepihak lain. Komunikasi tidak hanya terbatas pada interaksi antara 2 orang akan tetapi interaksi antar kelompok menjadi suatu keharusan dalam dunia organisasi. Dengan begitu terbentuknya efektifitas kerja timbul karena adanya komunikasi yang efektif.

Komunikasi  adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan berita atau informasi dari seseorang keorang lain. Komunikasi yang tepat akan terjadi apabila disampaikan secara patut dan penerima berita menerimanya tanpa adanya distorsi.

Istilah komunikasi scara bebas dipergunakan oleh setiap orang dalam bermasyarakat. Menurut Webster istilah komunikasi berasal dari istilah latin Communicare, bentuk past Participle dari Communicatio dan Communicatus yang artinya suatu alat untuk berkomunikasi terutama dalam sistem penyampaian dan penerimaaan berita, seperti misalnya telepone, telegraf, radio, dan lain sebagainya.

Gatewood dan Taylor sebagaimaan dikutip oleh Amirullah,  mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses memindahkan informasi dan pengertian (maksud) dari satu orang ke orang lain. Informasi dan pengertian itu dapat dipindahkan dalam berbagai macam bentuk (seperti tulisan atau lisan), dan metode-metode yang digunakan untuk memindahkan informasi dan pengertian dapat berupa; berhadap-hadap, telepon, memo, atau laporan. 

Sedangkan menurut Stoner, Freeman dan Gilbert sebagaimana dikutip  oleh Amirullah, mengartikan komunikasi sebagai proses yang dipergunakan oleh manusia untuk mencari kesamaan arti lewat transmisi pesan simbolik. Definisi tersebut mengandung arti; a) bahwa komunikasi melibatkan orang, b) kesamaan arti berarti bahwa untuk dapat berkomunikasi manusia harus menyetujui definisi istilah yang mereka gunakan, c) simbol, berupa gerak badan, suara, huruf, angka, dan kata hanya dapat mewakili atau mendekati ide yang mereka maksudkan untuk dikomunikasikan.

Sedangkan pengertian kantor adalah setiap tempat yang biasanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tatausaha  (pekerjan kantor, pekerjaan tulis menulis), dengan nama apa pun juga tempat tersebut mungkin diberikan.

Dari pengertian komunikasi dan kantor diatas maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi kantor adalah    proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan memberikan pengaruh atau pengertian positif sesuai dengan yang diharapkan yang terjadi dalam suatu organisasi kantor.  

SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close