Definisi Tata Ruang dan Perlengkapan Kantor

Written by
George R.Terry 1958. Mendefinisikan tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara terinci dari ruang tersebut untuk menyiapkan suatu susunan praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak.  Dalam hal ini dapat diartikan bahwa tata ruang kantor merupakan pengaturan dan penyusunan seluruh perlengkapan kantor baik mesin kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa dan kondusif, sehingga dapat tercipta efisiensi kerja.


Menurut Heizer dan Render, tata ruang adalah tatanan secara fisik dari suatu terminal kerja beserta peralatan dan perlengkapa  yang mengacu pada proses produksi dan merupakan pengaturan letak dari sumber-sumber yang digunakan dalam proses produksi, yang akan mengatur arus material, produktivitas dan hubungan antar manusia.  Dari definisi tersebut dalam konsep tata ruang memerlukan aspek tata letak yang baik  sehingga dapat bermanfaat yang lebih tinggi atas ruang, fasilitas dan tenaga kerja, meningkatkan kinerja yang efektif dan kondisi keamanan yang baik bagi segenap pegawai. Tata letak dalam perkantoran yakni bagaimana menempatkan tenaga kerja, peralatan kantor, dan ruangan kantor yang melancarkan aliran informasi.

Perlengkapan kantor merupakan fasilitas yang menunjang proses aktivitas kantor atau semua benda atau barang yang yang digunakan dalam kantor. Contoh perlengkapan kantor yakni: gedung dengan segala sarana yang dibutuhkan seperti halaman parkir. Ruangan kerja yang memadai serta alat komunikasi dan perabot-perabot kantor.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close