Prinsip-prinsip Pengelolaan Lingkungan Belajar

Untuk dapat mewujudkan sebuah lingkungan belajar yang sesuai harapan, maka lingkunga belajar tersebut perlu dikembangkan pada prinsip-prinsip berikut:

  1. Merefleksikan Selera Anak. Yaitu bahwa lingkungan belajar harus menarik bagi anak. Agar menarik, maka dalam penyediaan dan pengemasan lingkungan belajar tersebut harus dipertimbangkan karakteristik, perasaan, minat, dan dinamika belajar anak. Dengan kata lain, lingkungan belajar yang diciptakan perlu diselaraskan dengan tahapan-tahapan perkembangan dan cara-cara khas belajar anak.
  2. Berorientasi Pada Optimalisasi Perkembangan dan Belajar Anak. Prinsip yang berorientasi pada optimalisasi perkembangan dan belajar anak, mengandung arti bahwa perkembangan dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai, terbaik, dan bermakna bagi kehidupan anak.
  3. Berpijak Pada Efiensi Pembelajaran. Guru menguasai ruang lingkup pembelajaran, menguasai berbagai cara mengaktifkan anak yang mendidik dan bermakna menguasai karakteristik pembelajaran menguasai berbagai cara mengaktifkan anak yang mendidik dan bermakna, menguasai karakteristik perkembangan anak dan kemampuan dalam mengendalikan dirinya sendiri dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel