Pengertian Sikap dan Persepsi

Written by
Robbins and Judge menyatakan bahwa sikap (attitudes) merupakan pernyataan evaluasi,baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan tentang suatu objek, orang, atau peristiwa.Sikap mencerminkan bagaimana seseorang merasakan sesuatu. Ketika saya berkata “saya menyukaipekerjaan saya” ini berarti saya sedang mengekspresikan sikap saya tentang pekerjaan. Seseorangbisa  memiliki ribuan sikap, tetapi Perilaku Organisasi (PO) memfokuskan diri pada sikap yang berkaitandengan pekerjan. Hal ini meliputi kepuasan kerja, keterlibatan kerja (sejauh mana seseorangberkecimpung dalam pekerjaannya dan secara aktif berpartisipasi di dalamnya), dan komitmen organisasi(sebuah indikator loyalitas kepada, dan keberpihakan terhadap organisasi). Tidak dapat dipungkiri,kepuasan kerja telah mendapatkan perhatian yang besar.

Untuk mengetahui tentang persepsi secara mendalam, maka terlebih dahulu kita perlu mengetahui pengertian dari persepsi itu sendiri. Persepsi (perception) adalah proses di mana individu mengatur dan menginterpretasikan kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi lingkungan mereka. Namun apa yang diterima seseorang pada dasarnya bisa berbeda dari realitas objektif.
Menurut Kreitner dan Kinicki persepsi adalah merupakan proses kognitif yang memungkinkankita menginterpretasikan dan memahami sekitar kita.

Persepsi adalah merupakan proses menerima informasi membuat pengertian tentang dunia di sekitar kita. Hal tersebut memerlukan pertimbangan informasi mana perlu diperhatikan, bagaimana mengkategorikan informasi,dan bagaimana menginterpretasikannya dalamkerangka kerja pengetahuan kita yang telah ada.

Pendapat lain mengemukakan bahwa persepsi adalah suatu proses dengan mana individual mengorganisir dan menginterpretasikan tanggapan kesan mereka dengan maksud memberi makna pada lingkungan mereka. Tetapi apa yang kita rasakan dapat berbeda secara substansional dari realitas objektif.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa persepsi adalah tanggapan atau penilaian individual terhadap suatu kondisi lingkungan di sekitar yang mana tanggapan tersebut terkadang tidak selalu sesuai dengan realita yang ada.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close