Pengertian Dampak Konflik

Written by
Dalam setiap organisasi yang melibatkan banyak orang, di samping ada proses kerja sama untuk mencapai tujuan organisasi, tidak jarang juga terjadi perbedaan pandangan, ketidakcocokan, dan pertentangan yang bisa mengarah pada konflik. Di dalam organisasi manapun terdapat konflik, baik yang masih tersembunyi maupun yang sudah muncul terang-terangan. Dengan demikian, konflik merupakan kewajaran dalam suatu organisasi, termasuk dalam lembaga pendidikan Islam.

Sedangkan pengertian dari dampak adalah pengaruh yang mendatangkan akibat (baik negatif maupun positif).  Afzalur Rahim menyatakan bahwa konflik dapat didefinisikan sebagai keadaan interaktif yang termanifestasikan dalam sikap ketidakcocokan, pertentangan, atau perbedaan dengan atau antar entitas sosial seperti individu-individu, kelompok-kelompok, atau organisasi-organisasi. Sedangkan menurut Wahyusumidjo yang mendefinisikan secara lebih simple, konflik adalah segala macam bentuk hubungan antara manusia yang mengandung sifat berlawanan.

Dapat ditarik kesimpulan oleh penulis bahwa dampak konflik merupakan pengaruh kuat yang mendatangkan akibat negatif maupun positif dengan segala bentuk hubungan antara manusia yang mengandung sifat yang berlawanan. Hal ini biasa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari baik dalam diri individu maupun dalam hubungan kelompok. Dalam hubungan ini perlu kita sadari akan pentingnya mencari solusi dari setiap konflik yang ada pada diri kita maupun dalam sebuah organisasi.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close