Menetapkan Tujuan

Written by
Terdapat perbedaan-perbedaan pendapat mengenai siapa yang seharusnya menetapkan tujuan utama atau tujuan puncak. Sebagian orang mengambil pandangan bahwa tujuan seperti itu seharusnya dirumuskan terutama sekali terutama dewan direksi, pemerintah atau factor-faktor lingkungan. Yaitu dalam satu segi, tujuan-tujuan itu seharusnya diserahkan kepada tim manajemen untuk mencapainya.

Namun bagian terbesar berpegang bahwa manajer puncak yang harus memutuskan tujuan-tujuan puncak. Bagaimanapun juga terlepas dari intuisi mereka tujuan-tujuan puncak haruslah ditafsirkan, diperhalus, dan diungkapkan dalam istilah yang dapat dipahami oleh anggota-anggota manajemen, maka jelaslah yang paling baik hanya para manajer yang akan bertanggung jawab atas tujuan itu, ikut serta dalam mendefinisikan tujuan-tujuan itu. Hal ini menolong untuk menjamin bahwa mereka memahami, percaya, dan setia pada tujuan-tujuan itu.

Biasanya para manajer mempunyai multi objective atau tujuan-tujuan berganda, bukan suatu tujuan tunggal. Secara ideal seorang manajer membuat kemajuan secara serentak menuju beberapa tujuan-tujuan tetapi dalam prakteknya hal ini tidak selalu terjadi sebab-sebabnya adalah 1. Tujuan itu mungkin sangat beraneka ragam dan bahkan saling bertentangan, 2. Para manajer paling banyak memperhatikan tujuan-tujuan dalam mana mereka atau para atasan mereka mempunyai kepentingan yang terbesar dan 3. Keadaan-keadaan tak terduga mungkin timbul untuk menghambat tercapainya tujuan berganda jadi tidak seimbang. Namun manajer yang cakap berjuang untuk maju serentak menuju semua tujuan yang ditugaskan,karena yang mengetahui bahwa tujuan-tujuan itu merupakan persyaratan untuk mencapai tujuan jangka panjang.

SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close