Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah

Manajemen peningkatan mutu sekolah merupakan paradigm baru pendidikan, yang memberikan otonomi luas pada tingkat madrasah(pelibatan masyarakat) dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional, otonomi diberikan agar sekolah leluasa mengelola sumber daya dan sumber dana dengan mengalokasikan sesuai dengan mengalokasikannya sesuai dengan perioritas kebutuhan, serta lebih tanggap dengan kebutuhan setempat. Pelibatan masyarakat dimaksudkan agar merreka lebih memahami, membantu dan mengontrol pengelolaan pendidikan.


Manajemen peningkatan mutu sekolah merupakan salah satu wujud dari reformasi pendidikan. Sistemnya ialah menawarkan sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan memadai bagi para peserta didik otonomi dalam manajemen merupakan potensi bagi madrasah untuk meningkatkan kinerja guru, menawarkan partisipasi langsung kelompok-kelompok terkait, dan meningkatkan pemahaman pemahaman masyarakat terhadap pendidikan.

Majajemen peningkatan mutu madrasah diadopsi dari manajmen berbasis sekolah yang telah lebih dahulu dikembangkan di Negara-negara lain. Dalam berbagai literature, istilah manajemen berbasis sekolah (scool based nasional)sangat beragam seperti self managing scool, collaborative school manajemen, scool based manajemen atau communitased scool manajemen. Konsep ini juaga didefinisikan secara beragam oleh para ahli manajemen pendidikan, mallen, ogawa, dan kranz: menjelaskan bahwa manajemen berbasis sekolah sebagai suatu bentuk desentralisasi yang memandang sebagai suatu unit dasar pengembangan dan bergantung pada redistribusi otoritas pengambilan keputusan.sekolah merupakan suatu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui pengalihan otoritas pngambilan keputusan dari pemerintah pusat ke daerah dan masing masing sekolah. Dengan demikian kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua, mempunyai control yang lebih besar terhadap proses pendidikan, dan mempunyai tanggung jawab untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan pembiayaan, personal, kurikulum sekolah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel