Syarat-syarat Seorang Supervisor

Written by
Sebagai supervisor, yang harus melaksanakan tugas tanggungjawabnya hendaknya mempunyai persyaratan-persyaratan idii. Dilihat dari segi kepribadiannya syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.


  1. Ia harus mempunyai perikemanusiaan dan solidaritas yang tinggi, dapat menilai orang lain secara teliti dari segi kemanusiaannya serta dapat bergaul dengan baik.
  2. Ia harus dapat memelihara dan menghargai dengan sunggh-sungguh semua kepercayaan yang di berikan oleh orang-orang yang berhubungan dengannya.
  3. Ia harus berjiwa optimis yang berusaha mencari yang baik, mengharapkan yang baik dan melihat segi-segi yang baik.
  4. Harus bersifat adil dan jujur, sehingga tidak dapat dipengaruhi oleh penyimpangan-penyimpangan manusia.
  5. Tegas dan objektif.
  6. Ia harus berjiwa terbuka dan luas, sehingga lekas dan mudah dapat memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap prestasi yang baik.
  7. Jiwanya yang terbuka tidak boleh menimbulkan prasangka terhadap seseorang untuk selama-lamanya hanya satu kesalahan saja.
  8. Ia hendaknya sedemikian jujur, terbuka, dan penuh tanggung jawab.
  9. Ia harus cukup taktik, sehingga kritiknya tidak menyinggung perasaan orang.
  10. Sikapnya yang bersimpati terhadap guru-guru tidak akan menimbulkan depresi dan putus asa pada anggota-anggota staf lainnya.
  11. Sikapnya harus ramah, terbuka dan mudah untuk dihubungi sehingga guru-guru dan siapa saja yang memerlukannya tidak akan ragu-ragu untuk menemuinya.
  12. Ia harus dapat bekerja dengan tekun dan rajin serta teliti, sehingga merupakan contoh bagi anggota yang lainnya.
  13. Terhadap murid-murid ia harus mempunyai perasaan cinta sedemikian rupa, sehingga ia secara wajar dan serius mempunyai perhatian terhadap mereka.

SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close