Sebab-Sebab Kecelakaan Kerja

Written by
Seringkali penyebab kecelakaan kerja dalam dunia industri itu disebabkan oleh manusianya itu sendiri yang terkadang dengan sengaja mengabaikan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Menurut Wilson, ada tiga penyebab kecelakaan kerja, antara lain perilaku karyawan itu sendiri yang sudah kami sebutkan di atas, kondisi yang tidak aman, dan tindakan yang tidak aman.  Wilson juga menegaskan sering terjadi perlakuan karyawan, seperti mengerjakan kerjaan dengan ceroboh, tidak mematuhi peraturan kerja, tidak mematuhi SOP (Standar Operasional Prosedur), dan tidak menggunakan alat pelindung diri, yang kebanyakan sebagai penyebab timbulnya kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja yang demikian di luar dari kendali pimpinan organisasi oleh sebab itu dalam makalah ini akan lebih difokuskan pada penyebab kedua dan ketiga sesuai dengan yang di tulis oleh Wilson dalam bukunya.


Kondisi yang Tidak Aman
Kondisi tidak aman merupakan penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang bersumber dari lingkungan pekerjaan. Faktor-faktor tersebut, antara lain peralatan yang rusak, peralatan yang tidak diamankan dengan baik, penerangan yang tidak baik, tempat penyimpanan barang atau peralatan yang tidak aman, dan penempatan letak barang atau peralatan yang tidak aman. Berbagai peraturan dan perundang-undangan yang ditetapkan untuk mengatasi kecelakaan kerja bertujuan menghindari faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. Data menyebutkan, bidang-bidang industri sebagai penyebab kecelakaan kerja tertinggi antara lain manufaktur, petrokimia, dan konstruksi. Jenis-jenis kecelakaan kerja yang ditimbulkan dari berbagai bidang industri antara lain, terjepit, terlintas, terpotong, terpeleset, tertabrak, terkena jatuhan benda keras, terkenan benturan keras, serta kurangnya pendengaran dan penglihatan.

Tindakan Tidak Aman
Kemungkinan lain yang memiliki kemungkinan besar sebagai penyebab kecelakaan kerja adalah tindakan tidak aman. Faktor ini merupakan tindakan manusia sebagai penyebab kecelakaan kerja. Kebanyakan pekerja mengalami kecelakaan kerja karena disebabkan oleh manusia atau pekerja, seperti melaksanakan kerja yang tidak mengikuti petunjuk penggunaan alat atay material, tidak menggunakan pelindung diri, membuang benda sembarangan, tidak mengamankan peralatan dengan baik, bekerja pada posisi atau kecepatan yang tidak aman, dan bekerja dengan ceroboh.
SHOW or HIDE COMMENT

1 comment:

  1. Kadang memang faktor dari kelalaian manusia itu sendiri yang melanggar keamanan dan keaelamatan dalam bekerja...

    ReplyDelete

close