Ruang Lingkup Manajemen Kesiswaan

Written by
Secara umum bida manajemen pendidikan kesiswaan sedikitnya memiliki tugas yang harus diperhatikan, penerimaan murid baru, kegiatan kemajuan belajar, serta bimbingan dan pembinaan disiplin. Berdasarkan tugas utama tersebt ruang lingkup manajemen kesiswaan berkaitan erat dengan hal-hal sebagai berikut :


  1. Perencanaan kesiswaan.
  2. Penerimaan siswa baru.
  3. Pengelompokan siswa.
  4. Kehadiran siswa di sekoah islam.
  5. Pembinaan disiplin siswa.
  6. Kegiatan ektrakurikuler.
  7. Organisasi siswa intra sekolah.
  8. Evaluasi kegiatan siswa.
  9. Perpindahan siswa.
  10. Kenaikan kelas dan penjurusan
  11. Kelulusan alumni.
  1. Perencanaan Kesiswaan. Dalam perencanaan kesiswaan ini mencakup sensus seklah dan penentuan jumlah siswa yang diterima. Sensus sekolah pencatatan anak-anak usia sekolah yang diperkirakan akan masuk sekolah Islam atau calon siswa. Sensus sekolah akan lebih lengkap apabila pencatatan itu tidak saja menghasilkan jumah calon siswa, tetapi juga dilengkapi dengan catatan ke mana mereka itu akan melanjutkan sekolah.
  2. Penerimaan Siswa Baru. Penerimaan siswa baru perlu di kelola sedemikian rupa mulai dari perencanaan penentuan daya tamping sekolah Islam atau jumlah siswa baru yang akan diterima, yaitu dengan mengurangi daya tamping dengan jumlah anak yang tinggal kelas atau mengulang. Kegiatan siswa baru biasanya dikelolaoleh panitia penerimaan siswa baru (PSB) atau panitia penerimaan murid baru (PMB). Pengelolaan penerimaan murid baru ini harus dilakukan sedemikian rupa, sehingga kegiatan belajar mengajar sudah dapat dimulai pada hari pertama setiap tahun ajaran baru.
  3. Pengelompokan Siswa. Pengelompokan siswa diadakan denganmaksud agar pelaksanaan kegiatan proses blajar dan mengajar di seklah Islam bisa berjalan lancar, tertip, dan bisa tercapai tujuan-tujuan pendidikan yang telah di programkan.
  4. Pembinaan Disiplin Siswa. Disiplin adalah kegiatan dimanasikap, penampilan, dan tingkah laku peserta didik sesuai dengan tatanan nilai, norma, dan ketentuan-ketentuan yang berlaku disekolah dan kelas dimana mereka berada. Atau disiplin adalah suatu keadaan tertib dimana orang-orang yang bergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturanyang telah ada dengan rasa senang hati. Disiplin yang baik di kelas didasarkan pada knsepsi-konsepsi tertentu, seperti kekerasan otoriter, kebebasan liberal, dan kebebasan terkendali. Untuk itu diperlukan teknik pembinaan disiplin kelas, yaitu teknik pengendalian dari luar, teknik pengendalian dari dalam, dan teknik pengendalian kooperatif.
  5. Kegiatan Ekstra Kurikuler. Yang dimaksud kegiatan ekstra kurikuler adalah kegiatan pendidikan yang diaksanakan disekolah Islam, namun dalam pelaksanaannya berada di luar jam pelajaran resmi di kelas. Artinya di luar jam-jam pelajaran yang tercantum dalam jadwal pelajaran. Ada dua macam kegiatan ekstra kelas; kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan ko kurikuler.
  6. Kegiatan ekstra kurikuler, adalah kegiatan pelajaran yang diselenggarakan di luar jam pelajaran biasa. Tujuan dari kegiatan ekstra kurikuler adalah agar siswa dapat memperkaya dan menambah wawasan pengetahuan, mendorong pembinaan nilai dan sikap demi untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Sedangkan kegiatan Ko Kurikuler dilaksanakan dalam berbagai bentuk misalnya mempelajari buku-buku pelajaran tertentu, mengerjakan PR, bahkan dapat juga berbentuk kegiatan beberapa hari di luar sekolah Islam atau di luar kampus.
  7. Organisasi Siswa Intra Sekolah. OSIS adalah satu-satunya organisasi yang bersifat intra sekolah Islam dan harus ada di setiap sekolah Islam. OSIS bersifat otonom, yang berarti bahwa organisasi itu tidak berafiiasi dengan organisasi apapun di luar sekolah.
  8. Evaluasi Kegiatan Siswa. Dalam melaksanakan evaluasi kegiatan siswa terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan, yaitu :a.    Penentuan standar. Yang dimaksud dengan penentuan standar adalah patokan-patokan mengenai keberhasilan dan kegagaan suatu kegiatan. b.    Mengadakan pengukuran. Pengukuran dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.pengukuran dilakukan untuk mengetahui pelakasanaan dalam pengertianyang sebenarnya. c.    Membandingkan hasil pengukuran dengan standar yang telah di tentukan. Dengan langkah ini, akan diketahui selisish antara hasil pengukuran dengan standar yang telah ditentukan. d.    Mengadakan perbaikan. Perbaikan itu perlu dilakukan untuk mengetahui ketercapaian standar yang telah ditentukan, terutama perbakan terhadap penyebab tidak terpenuhnya target atau standar.
  9. Perpindahan Siswa. Perpindahan siswa mempunyai dua pengertian (1) perpindahan siswa dari suatu sekolah Isam kesekolah Islam lainnya dan sejenis (2) perpindahan siswa dari suatu jenis program ke jenis program lainnya.
  10. Kenaikan Kelas Dan Penjurusan. Kenaikan kelas dan penjurusan dapat diatur dalam peraturan sekolah yang didasarkanpada kebijakan yang ada pada sekolah. Dalampelaksanaan kenaikan kelas dan penjurusan sering kali muncul berbagai masalah yang memerlukan penyelesaian secara bijak. Masalah-masalah tersebut bisa saja timbul yag berkaitan dengan siswa guru, serta peraturan kenaikan kelas dan penjurusan. Masalah ini dapat diperkecil, jika data-data tentang hasil evaluasi pembelajaran siswa lengkap dan objektif, mendayagunakan fungsi dan peranan bimbingan dan penyuluhan, dan para guru bersikap hati-hati dan objektif dalam memberikan penilaian hasil belajar siswa.
  11. Kelulusan Dan Alumni. Kelulusan adalah pernyataan dari sekolah Islam sebagai suatu lembaga tentang telah diselesaikannya program pendidikan yang harus diikuti oleh siswa. Setelah seorang siswa selesai mengikuti seluruh program pendidikan di suatu sekolah Islam, dan berhasil lulus dalam UAN, maka kepadanya diberikan surat keterangan atau sertifikat, yang umumny disebut ijazah atau surat tanda tamat belajar (STTB).

SHOW or HIDE COMMENT

2 comments:

  1. Informasinya akan sangat bermanfaat bagi guru-guru di sekolah islam.
    Saya sendiri belum terlalu paham perkara manajemen sekolah.

    ReplyDelete
  2. Jadi tau tentang dunia pendidikan lebih dalam. Terima kasih min

    ReplyDelete

close