Proses Perencanaan

Seringkali terjadi kesalah pahaman bahwa perencanaan seakan-akan berarti kegiatan menyusun rencana saja. Padahal perencanaan sebenarnya adalah suatu proses kegiatan yang terus menerus dan menyeluruh mulai dari penyusunan suatu rencana, evaluasi pelaksanaan dan hasil yang dicapai dari tujuan yang sudah di tetapkan. Secara umum tahap-tahap proses perencanaan dapat di kemukakan sebagai berikut:


Menyusun Rencana
Langkah-langkah menyusun rencana:   
  1. Meninjau keadaan
  2. Memperkirakan keadaan waktu yang akan dilalui atau sering juga disebut forcasting.
  3. Mengidentifikasi kebijaksanaan atau usaha-usaha yang perlu dilakukan bagi rencana. Dalam mana suatu kebijaksanaan mungkin perlu di dukung oleh program-program tertentu atau dihindari (seperti kebijaksanaan perijinan, larangan, kewajiban dan sebagainya).
  4. Menyusun pengesahan rencana. Pengesahan rencana adalah merupakan suatu kegiatan penutupan dari rangkaian perumusan perencanaan dan sering kali disertai dengan suatu flowcharts, operations, network, planning dan sebagainya.
Menyusun Program Rencana
Dalam menyusun suatu program rencana, dilakukan penjabaran dari rincian kegiatan, jumlah pembiayaan dan penentuan bagian atau sub bagian yang akan di ikut sertakan menurut urutan skala perioritas sesuai dengan apa yang telah derencanakan.

Pelaksanaan rencana
Dalam pelaksanaan rencana, dilakukan kegiatan-kegiatan operasi yang sepadan dengan apa yang telah direncanakan dan diprogramkan. Selagi berlangsungnya pelaksanaan, sekaligus dilakukan pula penilaian, penyempurnaan dan pemeliharaan.

Evaluasi Terhadap Proses perencanaan
Tujuan dari pengawasan adalah:
  1. Mengusahakan supaya pelaksanaan rencana berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan semula.
  2. Untuk melihat adanya deviasi dalam pelaksanaan. Jika ada deviasi segera dapat diadakan tindakan-tindakan korektif.
Sebelum mengadakan tindakan korektif perlu terlabih dahulu diketahui seberapa jauh deviasi itu telah terjadi dan apa penyebabnya, kemudian baru dikembalikan pada kedudukan sebenarnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel