Prinsip-Prinsip Supervisi

Written by
Supervisi pendidikan dilaksanakan dengan prinsip-prinsip tertentu. Prinsip-prinsip supervisi secara umum menurut Soetopo ada tujuh prinsip supervisi, yaitu sebagai berikut:


  1. Prinsip organisasional, pengawasan dapat dilakukan dalam kerangka struktu organisasi yang melingkupinya.
  2. Prinsip perbaikan, artinya pengawasan berusaha mengetahui kelemahan atau kekurangan, kemudian di carikan jalan pemecahan agar manajemen dapat berjalan sesuai dengan standard dan organisasi dapat mencapai tujuan.
  3. Prinsip komunikasi, artinya pengawasan dilakukan untuk membina sistem kerja sama antara batasan dan bawahan, membina hubungan baik antara atasan dan bawahan dalam proses pelaksanaan pengelolaan organisasi.
  4. Prinsip pencagahan, artinya pengawasan dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan dalam mengelola komponen-komponen organisasi.
  5. Prinsip pengendalian, artinya pengawasan dilakukan agar semua proses manajemen berada pada rel yang telah digariskan sebelumnya. Dalam hal ini, prinsip efisien dan efektif dalam manejemen menjadi ukuran.
  6. Prinsip objektif, artinya pengawasan dilakukan berdasarkan data nyata di lapangan tanpa menggunakan penilaian dan tafsiran subjektif pengawas.
  7. Prinsip kontinuitas, artinya pengawasan dilakukan secara terus menerus, baik selama berlangsung proses pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan kerja.

SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close