Prinsip-prinsip Kepemimpinan Transformatif


Versi terbaru kepemimpinan transformasional, yang meliputi atribut-atribut yang ideal, perilaku yang ideal, motivasi inspriratif, stimulasi intelektual, dan konsiderasi yang diindividualisasikan.
  1. Atribut-atribut yang ideal mengacu pada pemimpin yang bertindak sebagai model yang kuat untuk pengikutnya; para pengikut sangat mengagumi pemimpin ini dan sangat ingin menyamai mereka. Pemimpin ini sangat dihormati, berkuasa, etis, dan menetapkan standard an harapan yang tinngi bagi pengikutnya. Faktor ini menurut Bass, merupakan salah satu syarat penting dan bahkan merupakan level tertinggi dari kepemimpinan transformasional, tetapi dengan sendirinya tidak cukup untuk menjamin proses transformasi.  
  2. Perilaku yang ideal mengacu pada tingkat sejauhmana pemimpin menunjukkan perilaku yang mendorong rekan kerjanya agar memiliki visi dan tujuan yang sama, untuk mendukung pemimpin, dan membangun tingkat keprcayaan yang tinggi.
  3. Motivasi inspiratif mengacu pada seorang pemimpin yang mengkomunikasikan harapan-harapan yang tinggi kepada pengikutnya, dan membrikan inspirasi sehingga mereka berkomitmen dan menjadi bagian dari visi bersama organisasi. Pemimpin ini juga menggunakan simbol-simbol untuk meningkatkan kesadaran akan tujuan-tujuan yang ingin dicapai dan memfokuskan usaha-usaha bawahan, serta memberikan contoh perilaku yang benar. Pemimpin ini bisa, mengobarkan semangat tim.
  4. Stimulasi intelektual adalah perilaku seorang pemimpin yang menstimulasi bawahannya agar kreatif dan inovatif, dan mempengaruhi mereka untuk menghadapi setiap persoalan dengan perspektif baru. Perilaku ini mencakup menantang keyakinan dan nilai yang dianut bawahannya ataupun pemimpin, sekaligus juga keyakinan-keyakinan dan nilai-nilai organisasi.
  5. Konsiderasi yang diindividualisasi mengacu pada perilku seorang pemimpin yang menciptakan suasana di mana kebutuhan-kebutuhan individual pengikut diperhatikan oleh pemimpin. Ini berarti bahwa dukungan akan kebutuhan dan tugas bawahan tidak hanya diberikan secara kolektif, tetapi juga secara individu. Perilaku ini mencakup memberikan dukungan, semangat, dan panduan . Northouse menjelaskan bahwa tipe pemimpin ini mungkin juga menggunakan delegasi untuk membantu bawahan mengembangkan diri mereka sendiri melalui tantangan-tantangan personal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel