Perspektif Keberagaman

Written by
Perspektif keberagaman ditandai oleh meningkatnya minat orang terhadap manajemen keberagaman, dan meningkatnya keberagaman tentang pentingnya budaya terbuka. Untuk itu di perlukan belajar mengenai keberagaman dari pengalaman sebelumnya, baik dalam kebaikan maupun kekurangannya. Pengelolaan keberagamn budaya diperlukan untuk mempertahankan kerja yang telah ada meupun dalam mendapatkan pekerja baru.


Minat Terhadap Keberagaman
Manajemen keberagaman secara komparatif merupakan bidang baru dengan keahlian perkembangan secara gradual melalui pengalaman. Banyak alasan orang untuk menaruh minat dalam masalah keberagaman, tetapi terutama difokuskan pada masalah sebagai berikut :
  1. Bottom line, atau juga dinamakan pengaruh pada kinerja finansial, terutama penting dalam organisasi bisnis. Keberhasilan manajemen keberagaman ditunjukkan oleh penurunan biaya, terutama dalam bentuk pengeluaran lebih rendah untuk rekrutmen dan pelatihan.
  2. Performance, tehadap kenyataan perbaikan kinerja dan peningkatan pelibatan pekerja dalam organisasi dimana keberagaman meningkat. Keberagaman dapat meningkatkan kinerja organisasi.
  3. Legislation, terdapat tekanan alasan legal untukrekrumen yang jujur dan kebijak sanaan kesempatan kerja. Kelompok-kelompok sekarang ini dilindingi oleh legislasi terhadap diskriminasi kesempatan kerja termasuk wanita, ras minoritas terhadap dan kaum tuna daksa.
  4. Morality, masalah sosial dan moral terjadi dalam organisasi apabila terjadi diskriminasi pada angkatan kerja, atau terhadap posisi jabatan penting.
  5. Public relations, tidak ada organisasi mau dikenal secara publik bersifat diskriminatif dalam rekrutmen maupun kesempatan kerja. Public relations yang baik akan meningkatkan citra organisasi.
  6. Learning and creativity, semakin dipahami bahwa pembelajaran dan kreativitas organisasional memerlukan budaya terbuka di manaterdapat ruang untuk tantangan dan diskusi betapa pun tidak nyamannya.
Manajemen keberagaman dapat mengandung pengertian bahwa hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Perbedaan dapat dilihat dari pendekatan peluang yang sama, memfokus pada kinerja individual dan nilai perbedaan serta perbedaan kontribusi.

Biasanya terdapat tiga hal yang perlu dibedakan yang menyangkut keberagaman budaya organisasi karena masing-masing mempunyai kepentingan yang berbeda.
  1. Affirmatif action, memberi preferensi dalam rekrutmen dan promosi kepada mereka yang kurang terwakili dalam pekerjaan atau dalam posisi senior manajemen.
  2. Equal opportunities, memberi peluang yang sama pada kelompok yang kurang terwakili dan orang dalam kelompok ini diperlakukan berbeda dari lainnya, terutama dalam bentuk dalam pelatihan yang diberikan.
  3. Difersity management, merupakan pendekatan yang dimaksud menciptakan integrasi, tenaga kerja yang terlibat dari banyak budaya yang berbeda, di mana setiap orang di dorong mengembangkan dan melakukan kinerja sampai pada batas potinsinya.

Manfaat budaya terbuka
Keterbukaan merupakan kunci bagi budaya keberagaman. Organisasi dengan budaya terbuka menciptakan iklim yang lebih hidup, bersahabat, spontan dan kegembiraan. Orang lebih banyak tertawa dan lebih siap untuk mengajukan pertanyaan, lebih siap untuk menyampaikan masalah. Dalam budaya keberagaman, orang merasa dapat berbicara dengan jujur, mengharapkan untuk di dengar dan melakukan tindakan berkaitan dengan masalah di pekerjaan.
Penciptaan budaya semacam ini sangat menantang bagi manajer baik sebagai individu atau pada tingkat organisasi. Mendengarkan pada orang yang terlibat dengan masalah, akan memerlukan waktu, usaha dan keterampilan dari seorang pemimpin. Pemimpin hanya dapat menciptakan suasana budaya terbuka apabila dia bersedia melakukan hal yang sama seperti apa yang dia minta kepada bawahannya untuk melakukan. Dalam budaya terbuka terdapat kejujuran dan saling mempercayai antara atasan dan bawahan.

Budaya terbuka cenderung sudah mulai dijalankan pada beberapa organisasi yang menerapkan manajemen yang lebih demokratis, terutama beberapa organisasi yang bekerja sama dengan organisasi asing.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close